Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi 1

HUBUNGAN ERAT ANTARA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM. bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) tahun 2018 di lapangan bola Ramlan Yatim hari Rabu pagi (02/05/2018). Upacara tersebut dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Tebing Tinggi dan diikuti oleh peserta upacara yaitu para pelajar SD, SMP, SMA/SMK dan Akbid se-Kota Tebing Tinggi. Sebelum upacara dimulai para pelajar dari TK Bhayangkara, SMPN-4 dan tim kesenian Diknas Tebing Tinggi menampilkan pagelaran seni dan marching band.

Dalam upacara tersebut Walikota Tebing Tinggi membacakan amanat dari Menteri Pendidikan Nasional RI Dr. Muhajir Effendy, M.A.P. Dikatakan bahwa Peringatan HARDIKNAS kali ini harus dijadikan momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan, hal ini tercermin dari ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara. HARDIKNAS ini juga harus dijadikan untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha yang telah diperjuangkan dibidang pendidikan, sekalian menerawang kedepan dan membuat proyeksi tentang pendidikan nasional.

Pada peringatan HARDIKNAS 2018 ini mari kita satukan tekad untuk lebih meningkatkan pendidikan yang berbudaya. Jika akar kebudayaan kita kokoh maka akan berdampak baik pada perilaku dan pendidikan anak bangsa. Karena kebudayaan yang maju adalah syarat utama yang harus dipenuhi jika ingin pendidikan nasional tumbuh subur, kokoh dan menjulang. Sebagaimana diakui oleh salah satu asisten Direktur Jendral UNESCO yaitu Francesco Bandarin, yang mengatakan bahwa Indonesia adalah negara adidaya (super power) kebudayaan. Cita-cita pendidikan yang merata dan menjangkau seluruh wilayah indonesia hanya dapat terwujud bila kebudayaan kita maju.

Sementara itu ada tiga faktor penting yang sangat mempengaruhi pertumbuhan karakter peserta didik, yaitu guru, orang tua dan masyarakat atau lingkungan sekitar. Ketiga faktor ini menjadi kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia demi menjawab tantangan zaman. Revolusi industri 4.0 yang bertumpu pada cyber-physical system, hadirnya robot, mesin-mesin cerdas yang secara bertahap menggantikan posisi manusia dan arus informasi dari internet dan media sosial merupakan tantangan yang harus dihadapi dunia pendidikan. Di sinilah pentingnya kontrol dan peranan keluarga, sekolah dan lingkungan.

Lebih lanjut Walikota Tebing Tinggi juga mengangkat dua jempol untuk pelajar Kota Tebing Tinggi. Beliau mengatakan Kota Tebing Tinggi hebat dan berterima kasih kepada semua pelajar Kota Tebing Tinggi dan semua guru yang telah memperlihatkan prestasi-prestasinya, tidak terlibat narkoba dan prilaku tidak terpuji. Beliau juga berharap para pelajar di Kota Tebing Tinggi ikut berpartisipasi dalam kegiatan Ekspo Perdagangan yang nantinya akan digelar dalam rangka memperingati Hari jadi Kota Tebing Tinggi 1 Juli 2018 bersama-sama dengan peringatan Hari Bhayangkara dan HUT Kejaksaan. Kegiatan ini akan menampilkan karnaval seni dan budaya yang diikuti peserta dari seluruh daerah di Indonesia. Beliau percaya bahwa para pelajar di Kota Tebing Tinggi punya kemampuan untuk hal tersebut.  

Kegiatan ini juga ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada tokoh-tokoh pendidikan Kota Tebing Tinggi dan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi yang diberikan oleh Pemerintah Kota Tebing Tinggi. Pemberian penghargaan kepada tokoh-tokoh pendidikan yang telah memajukan pendidikan di Kota Tebing Tinggi diantaranya Drs. H. Ali Ahman Harahap, Ir. Marapinta Harahap, MM., H. Abu Hasyim Siregar, Suhardi, David, SS., KI Darman, ST., H. Adlin Damanik, Anwar Hambali Sitorus, Frederika Hasugian dan Hj. Amriyani Harahap.

Penghargaan lain juga diberikan kepada sekolah penyelenggara pendidikan keluarga diantaranya: kelompok bermain Gembira, kelompok bermain Babussalam, kelompok bermain Cahaya, TK Negeri Pembina Kota, TK Swasta Quratta'Ayun, SD Negeri 163088, SDLB Negeri Tebing Tinggi, SMP Negeri 1 dan 3 Kota Tebing Tinggi. Dan penerima beasiswa berprestasi yang berasal dari Kota Tebing Tinggi diantaranya adalah Dinda Khairani Hasibuan, Makhlida Rizka Indriyani, Ika Putri Febrina dan Ivan Sanjaya Siahaan.

 

Diskominfo Tebing Tinggi


 

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK