Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

PJ. KETUA TP PKK KOTA TEBING TINGGI HADIRI PENGUKUHAN BUNDA LITERASI PROVINSI SUMATERA UTARA

Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Tebing Tinggi Ny. dr. Dara Caprina Moettaqien Hasrimi menghadiri Pengukuhan Bunda Literasi Provinsi Sumatera Utara di Aula Raja Inal Siregar, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Sumut, Selasa (3/9/2024).

Dalam acara ini, Pj. Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Agus Fatoni mengukuhkan Pj. Ketua TP PKK Sumut Tyas Fatoni menjadi Bunda Literasi Provinsi Sumatera Utara.

Pada kesempatan yang sama, Pj. Gubsu mengatakan hari ini juga dilaunching jejaring perpustakaan Sumut 'Literasi Permata’, sehingga semua orang bisa meminjam buku dari perpustakaan di Sumut. 

"Peminjaman buku tanpa melihat jarak, jadi tidak alasan lagi buku tidak ada. Tinggal dicari melalui aplikasi literasi permata," ujar Pj. Gubsu. 

Pj. Gubsu mengungkapkan jumlah ketersediaan buku pada jejaring perpustakaan Sumut 'Literasi Permata’ sekitar 190.000 buku, dan baru dipinjam sekitar 20 persen.

Pj. Gubsu berharap melalui kehadiran aplikasi ‘Literasi Permata’ dapat memudahkan masyarakat dalam peminjaman buku, baik secara manual maupun online. 

"Sistem aplikasi ini dibuat untuk mempermudah peminjaman buku tanpa mengenal jarak," ucap Pj. Gubsu .

Pj. Gubsu mengatakan peminat buku secara manual saat ini masih terbilang banyak. Pada aplikasi ‘Literasi Permata’ juga menyediakan buku fisik dan digital. 

"Mari kita sosialisasikan peminjaman buku melalui aplikasi online. Ini memudahkan kita agar buku dekat dengan kita.  Dengan demikian budaya literasi juga terwujud secara luas," kata Pj. Gubsu, Agus Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti mengatakan tujuan acara ini untuk mewujudkan sistem perpustakaan digital di Provinsi Sumut, sehingga masyarakat dari manapun juga dapat menikmati layanan perpustakaan secara adil dan beradab.

"Dengan literasi diharapkan dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia dan meningkatkan masyarakat gemar membaca," katanya.

Turut hadir dalam acara ini, diantaranya Sekda Sumut Arief S Trinugroho, Ketua DWP Sumut Dian Arief Trinugroho, Forkopimda Sumut, organisasi dan pengurus perpustakaan se-Sumut, serta seluruh pimpinan OPD Sumut dan undangan lainnya.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK