Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

PENJABAT WALI KOTA MOETAQQIEN HASRIMI SAMPAIKAN NOTA JAWABAN ATAS PANDANGAN UMUM FRAKSI-FRAKSI DPRD KOTA TEBING TINGGI 

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tebing Tinggi menggelar rapat paripurna lanjutan dengan agenda mendengarkan nota jawaban Wali Kota Tebing Tinggi atas pandangan umum Fraksi-fraksi DPRD Kota Tebing Tinggi dalam Rangka Pembahasan Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah) Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kota Tebing Tinggi Tahun Anggaran (TA) 2024, Rabu (14/08/2024) di ruang Sidang Paripurna gedung DPRD Jln. Dr. Sutomo. 

Rapat dipimpin Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, S.H., M.H. dan Wakil Ketua I H. Muhammad Azwar, S.Si., M.M., dengan agenda Nota Jawaban Wali Kota Atas Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kota Tebjng Tinggi. 

Membacakan Nota Jawaban, Pj. Wali Kota Dr. Moettaqien Hasrimi, S.STP., M.Si. mengapresiasi saran, pendapat dan masukan dari anggota DPRD yang telah disampaikan melalui Fraksi-fraksi DPRD atas Ranperda Tentang P-APBD tahun anggaran 2024. 

"Terhadap semua saran, pendapat dan masukan tersebut secara rinci kiranya dapat kita bahas kembali pada rapat gabungan komisi-komisi DPRD bersama Kepala Daerah yang berkedudukan sebagai mitra sejajar sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah," terang Pj. Wali Kota.

Hal ini, tambah Pj. Wali Kota, bertujuan menghasilkan kebijakan daerah yang akan dilaksanakan oleh pemerintahan daerah dan seluruh komponen masyarakat yang akan tertuang dalam Perubahan APBD tahun 2024.

Selanjutnya, Pj. Wali Kota memberikan jawaban dan tanggapan secara ringkas atas pandangan Fraksi-fraksi DPRD. 

Fraksi Nurani Kebangsaan yang disampaikan Mulyadi, S.E., terkait mengenai berkurangnya pendapatan pada rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD. 

"Ini terjadi karena berkurangnya Pendapatan Asli Daerah dan pendapatan transfer dari pemerintah pusat dan pendapatan transfer antar daerah," jelas Pj. Wali Kota. 

Serta mengenai saran terhadap pembangunan infrastruktur, lanjut Pj. Wali Kota, khususnya peningkatan pengaspalan jalan, perbaikan drainase. 

"Kami mengucapkan terima kasih dan untuk menjadi perhatian kita bersama. selanjutnya terhadap rencana pembelian mobil pengangkut sampah dan pengadaan bak container sampah untuk menjaga kebersihan di Kota Tebing Tinggi menjadi prioritas kami pada APBD Tahun Anggaran 2025," kata Pj. Wali Kota. 

Fraksi Partai Gerindra yang disampaikan Husin, ST., atas dukungan penuh fraksi partai gerindra agar rancangan perubahan APBD Tahun Anggaran 2024 dijadikan peraturan daerah sesuai dengan Undang-undang.

"Kami mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya dan kami berharap kerja sama antara Pemerintah Kota dengan DPRD tetap terjalin dengan baik," harap Pj. Wali Kota. 

Selanjutnya, Fraksi Partai Golongan Karya yang disampaikan oleh Mahyan Zuhri, terhadap saran agar Pemerintah Kota memperhatikan permasalahan utama dalam hal belanja daerah yakni menilai kinerja belanja dengan mempedomani prinsif efisiensi, efektifitas dan produktivitas dijadikan pedoman dasar dalam penyusunan anggaran belanja.

Dan atas saran untuk mengingatkan kepala Dinas Lingkungan Hidup, agar terus meningkatkan program pembinaan dan pengawasan terhadap izin lingkungan dan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

"Kami ucapkan terima kasih dan tetap berpedoman kepada ketentuan yang berlaku," ujar Pj. Wali Kota.

Sementara, Fraksi Nasdem yang disampaikan oleh Abdul Rahman, S.Sos., saran perlunya penambahan bak sampah di tempat-tempat umum yang ramai di kunjungi masyarakat.

"Ini menjadi catatan penting bagi kami untuk ditindaklanjuti. Dan mengenai menurunnya pendapatan dan bertambahnya belanja barang dan jasa, hal ini menjadi perhatian kami untuk ke depannya," jelas Pj. Wali Kota. 

Dari Fraksi partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang disampaikan Tamsil Husni, berharap kepada Pemerintah Kota Tebing Tinggi agar lebih mengoptimalkan belanja daerah pada kegiatan kegiatan yang menyentuh masyarakat kurang mampu yang berorientasi pada peningkatan ekonomi berbasis kerakyatan yang berkeadilan. 

"Kami mengucapkan terima kasih dan menjadi perhatian kita bersama untuk kita tingkatkan," ujar Pj. Wali Kota. 

Kemudian, Fraksi Demokrat Amanat Keadilan yang disampaikan Fahmi Tanjung, S.E. mengenai permintaan agar dilakukan pengaspalan gang E Jalan Pulau Belitung.

"Ini sudah menjadi program kita bersama di perubahan APBD Tahun Anggaran 2024," ungkap Pj. Wali Kota. 

Untuk penjelasan selanjutnya, ujar Pj. Wali Kota, dapat dibahas bersama pada rapat-rapat gabungan Komisi-Komisi DPRD dengan eksekutif yang akan datang. 

"Demikian jawaban dan penjelasan kami terhadap pandangan umum anggota dewan yang terhormat, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Wassalammu’alaikum Wr Wb," tutup Pj. Wali Kota. 

Turut dihadiri, Plt. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., CGCAE., Asisten, Kepala OPD atau mewakili, Staf Ahli, Kabag, Camat dan Lurah atau mewakili, tokoh agama, tokoh masyarakat, LSM, tamu undangan, insan pers dan tim peliputan Diskominfo.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK