Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

MELALUI BANK SAMPAH, PLT. SEKDAKO TEBING TINGGI AJAK MASYARAKAT MANFAATKAN SAMPAH JADI PROFIT 

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M. mengajak masyarakat Kota Tebing Tinggi untuk dapat memanfaatkan/mengelola sampah menjadi profit melalui program Bank Sampah yang digagas oleh Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Dinas Lingkungan Hidup.

Hal tersebut disampaikan Plt. Sekdako dalam sambutannya pada acara Sosialisasi Pengelolaan Sampah Pada Bank Sampah yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi di Aula Cafe Platinum, Jalan Ir. H. Juanda Sri Padang, Selasa (15/10/2024). 

"Keberadaan Bank Sampah diharapkan mampu mempercepat proses perubahan pola pikir masyarakat dari "membuang" menjadi "memanfaatkan", sehingga pendekatan pengelolaan sampah dapat diubah menjadi profit," ujar Plt. Sekdako.

Disampaikan Plt. Sekdako bahwa sampah menjadi permasalahan yang cukup krusial. Untuk itu, Plt. Sekda mengatakan perlunya langkah masif untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut, dengan melibatkan pemerintah dan seluruh komponen masyarakat.

"Tentunya akan lebih efektif jika penyelesaiannya (masalah sampah) tidak hanya diupayakan oleh pemerintah saja, namun juga melibatkan seluruh komponen masyarakat. Oleh karena itu, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sistem manajemen persampahan berbasis masyarakat harus terus dikembangkan, dimana hal itu dapat dimulai dari pengelolaan sampah ditingkat rumah tangga," ungkap Plt. Sekdako.

Dijelaskan Plt. Sekdako, bahwa Bank Sampah merupakan salah satu strategi penerapan dalam upaya pembatasan sampah yang menjadi bagian penting dalam pengelolaan sampah ditingkat masyarakat dengan pola insentif. Dengan adanya keberadaan Bank Sampah, Plt. Sekdako berharap masyarakat Kota Tebing dapat memiliki persepsi bahwa sampah serupa dengan uang atau barang berharga yang juga dapat ditabung dan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat.

"Melalui Bank Sampah ditemukan satu solusi inovatif yang membiasakan masyarakat untuk memilah sampah sesuai jenis dan nilainya. Nantinya, masyarakat akan memiliki kemauan untuk memilah sampah dan pada gilirannya sampah akan terkelola dengan baik dan bahkan menghasilkan profit untuk membantu perekonomian kita," jelas Plt. Sekdako.

Diakhir sambutannya, Plt. Sekdako mengingatkan masyarakat Kota Tebing Tinggi untuk menjaga kebersihan lingkungan dan dapat memilah maupun mengolah sampah dari sumbernya, yaitu rumah tangga seperti mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos dan sampah anorganik menjadi bernilai ekonomis. 

Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi, Plt. Sekdako berharap agar selalu melakukan sosialisasi dan pengarahan terkait pengelolaan sampah. Selain itu, Plt. Sekdako berharap agar setiap kelurahan memiliki Bank Sampah sehingga volume sampah di TPA dapat berkurang.

"Hal ini dilakukan sebagai akselerasi dan inovasi kita dalam menciptakan budaya hidup bersih, sehat dan sejahtera," pungkas Plt. Sekdako.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK