Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Pj. WALI KOTA TEBING TINGGI BERHARAP NILAI-NILAI PANCASILA DAPAT DIAPLIKASIKAN DAN DIAKTUALISASIKAN

 

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Dr. Moettaqien Hasrimi, S.STP.  M.Si., berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar nilai-nilai Pancasila dapat diaplikasikan dan diaktulisasikan dalam semua aspek kehidupan.

“Hari ini kita peringati hari lahir Pancasila 1 Juni 2024. Hendaknya nilai-nilai Pancasila dapat kita aplikasikan dan aktualisasikan dalam semua aspek kehidupan. Tantangan global sangat luar biasa dan mudah-mudahan ini berjalan di seluruh lapisan masyarakat,” ujar Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Dr. Moettaqien Hasrimi, S.STP.  M.Si., seusai menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan Merdeka, Jl. Dr. Sutomo, Sabtu (01/06/2024). 

Pj. Wali Kota juga meminta kepada masyarakat Kota Tebing Tinggi khususnya generasi muda/ milenial, atau istilah saat ini dengan sebutan Gen Z, melalui aktualisasi nilai-nilai Pancasila tersebut, Pj. Wali Kota meyakini, dapat menghadapi tantangan kedepan, dengan sungguh percaya diri.

Sebelumnya, dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini, Pj. Wali Kota membacakan teks Pancasila dan sambutan tertulis dari Kepala BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) Yudian Wahyudi, sedangkan Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, S.H., M.H., membacakan teks UUD 1945.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Pj. Wali Kota Tebing Tinggi, Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengajak bangsa Indonesia untuk bersyukur karena mempunyai Pancasila sebagai bintang pemandu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai- nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Pj. Wali Kota.

Kepala BPIP didalam sambutannya juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk bisa membumikan nilai-nilai Pancasila.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” kata Pj. Wali Kota masih dalam sambutan tertulisnya. 

Sedangkan sebagai leitstar dinamis, lanjut Pj. Wali Kota, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia,” tutup Pj. Wali Kota akhiri sambutannya.

Dimana Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengangkat thema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Acara dilanjutkan penampilan tarian multi etnis dari sanggar seni Abang Kakak Tebing Tinggi, binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tebing Tinggi, yang mana tarian ini menggambarkan masing-masing pulau yang ada di Indonesia. 

Terlihat hal yang menarik, Pj. Wali Kota bersama tamu undangan yang hadir, mengenakan baju adat dari berbagai etnis/ budaya. Dan dalam kesempatan ini, Pj. Wali Kota sendiri mengenakan baju adat Melayu. 

Turut dihadiri, Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., CGCAE, Ketua DPRD Kota Basyaruddin Nasution, S.H., M.H., Wakil Ketua I H. Muhammad Azwar, S.Si., M.M., Kapolres AKBP. Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.IK., M.KP., Kasie Intel Kejari Hiras A. Silaban, S.H., M.H.

Kemudian, Pasi Pers Kodim 0204/DS Kapt. Inf. Romer Elpansus Sinaga, Danramil 13/TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, Kaportala PN Tamrin Tarigan mewakili Kepala PN, Danyon B Brimob Poldasu atau mewakili, Dansub Denpom 1/I Tebing Tinggi atau mewakili, Kepala BNNK atau mewakili, tamu undangan dan tim peliputan Diskominfo.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK