Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

PJ. SEKDA KOTA TEBING TINGGI AJAK PEMILIH MUDA TURUT SUKSESKAN PEMILU 2024 

Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi yang diwakilkan Pj. Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M. membuka acara Pendidikan Politik Pemilih Muda Kota Tebing Tinggi tahun 2023, yang digelar Pemko Tebing Tinggi melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kamis (10/08/2023) di Cafe Legato, Jl. Imam Bonjol, Tebing Tinggi. 

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Sekda Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M. mengajak para pemilih muda Kota Tebing Tinggi untuk turut serta dalam menyukseskan pesta demokrasi Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

"Kita ketahui bersama bahwa pada tahun 2024 kita akan melaksanakan pesta demokrasi terbesar dan terumit sepanjang sejarah Indonesia, yaitu pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Untuk itu mari adik-adik semua kita bersama-sama sukseskan pemilu ini," ujar Pj. Sekda.

Sebelumnya, Pj. Sekda mengungkapkan bahwa salah satu penyebab utama tergerusnya toleransi pada pemilu 2019 yang lalu adalah penyebaran informasi hoax di internet dan media sosial, dengan persentase sebesar 37,6 persen.

"Dalam survei, responden menyatakan bahwa penyebab tergerusnya sikap toleransi pada pemilu 2019 terutama karena penyebarannya hoax di internet dan media sosial (37,6%), kurangnya pengetahuan/pendidikan politik di tengah masyarakat (20,4%), penggunaan politik identitas (suku, agama) oleh kandidat (10,7%), para elite yang memancing permusuhan di media (10,6%), para buzzer yang terus menyebar kebencian (7,9%), lainnya (0,9%) dan tidak tahu (11,9%)," ungkap Pj. Sekda.

Terkait hal tersebut, Pj. Sekda mengingatkan para pemilih muda untuk dapat bertindak dengan benar terhadap informasi-informasi yang tidak benar (hoax) dan menambah pengetahuan terkait pemilu 2024.

"Saya berpesan kepada adik-adik semua, harus bijak dalam menanggapi informasi-informasi yang beredar, pastikan dulu informasi tersebut benar dan terpercaya, jangan langsung serap terus dibagikan. Perbanyak pengetahuan adik-adik terkait pemilu ini," ucapnya.

Lebih lanjut, Pj. Sekda menjelaskan terkait rangkaian Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

"Sebagaimana amanat undang-undang nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, pada pasal 167 ayat 6, tahapan penyelenggaraan pemilu paling lambat dimulai 20 bulan sebelum pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024. Dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum telah meluncurkan dimulainya tahapan Pemilu pada tanggal 14 Juni 2022 yang lalu," jelas Pj. Sekda.

Pelaksanaan pemungutan suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan anggota legislatif yang terdiri atas Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), serta Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024. Selanjutnya, pemilihan kepala daerah (gubernur, bupati/walikota beserta wakilnya)akan dilaksanakan pada tanggal 20 November 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Zubir Husni Harahap, SH mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan informasi tentang pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024, dan mendapatkan informasi terkait tahapan pelaksanaan pemilu tahun 2024, serta memahami peran dan fungsi perempuan dalam mendukung suksesnya pemilu dan pilkada serentak 2024.

Acara dirangkai dengan pembagian Bendera Merah Putih secara simbolis dalam menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia dan dilanjutkan dengan foto bersama. 

Turut hadir, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Muhammad Syah Irwan, SKM, M. Kes selaku narasumber, Praktisi Media/Ilmu Komunikasi Fisip USU Irsan Mulyadi, S.Sos. M.I.Kom, CO. Founder Tebing Tinggiku/ Founder Putra-Putri Tebing Tinggi, Para Pimpinan Ormas pelajar/mahasiswa dan pemuda yang hadir, serta para undangan.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK