Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Pj. KETUA DEKRANASDA KOTA TEBING TINGGI OPTIMIS PAMERAN KRIYANUSA DAPAT MENJADI WADAH MELESTARIKAN BUDAYA KERAJINAN INDONESIA 

Penjabat (Pj.) Ketua Dekranasda Kota Tebing Tinggi yang juga menjabat sebagai Pj. Ketua TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga), Ny. dr. Dara Caprina Moettaqien mengungkapkan rasa antusias dan optimis, kegiatan pameran Kriyanusa dapat menjadi wadah bagi pengrajin di seluruh wilayah Indonesia untuk menjaga dan melestarikan budaya kerajinan yang ada di Indonesia.

"Melalui kegiatan ini (Pameran Kriyanusa), dapat semakin menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Indonesia, khususnya produk kerajinan budaya lokal. Dengan menjaga dan melestarikan warisan budaya, masyarakat dapat mempertahankan identitas nasional yang kokoh di tengah arus globalisasi," ujar Pj. Ketua Dekranasda Kota Tebing Tinggi yang hadir dalam kegiatan Kriyanusa Tahun 2024 di Hall B JCC Jakarta.

Pameran Kriyanusa tahun 2024 dengan tema "Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya” ini secara resmi dibuka langsung oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma’ruf Amin, yang merupakan istri dari Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (28/8/2024).

Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin mengatakan tema Kriyanusa tahun 2024 ini mencerminkan komitmen untuk meneruskan tradisi dan warisan leluhur kepada generasi muda.

"Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan tradisi. Seni kerajinan berbagai daerah yang diwariskan tidak hanya mencerminkan keindahan dan keterampilan, tetapi juga nilai-nilai identitas bangsa," kata Ketua Umum Dekranas, Wury Ma'ruf Amin.

Untuk itu Ketua Umum Dekranas mengatakan pentingnya peranan generasi muda dalam melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya Indonesia melalui inovasi dan kreativitas mereka.

"Karena itu peran generasi muda sangat penting untuk melestarikan seni kerajinan kita. Generasi muda adalah harapan kita untuk memastikan bahwa kekayaan budaya kita tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang seiring perkembangan zaman,” ujar Ketua Umum Dekranas, Wury Ma'ruf Amin.

Ketua Umum Dekranas, Wury Ma'ruf Amin juga mengatakan Kriyanusa menjadi panggung bagi para perajin muda Indonesia untuk mempersembahkan karya-karya yang menghidupkan kembali kekayaan Budaya Nusantara.

Dalam pameran Kriyanusa 2024 yang berlangsung mulai hari ini 28 Agustus 2024 hingga 1 September 2024 di JCC, terdapat 420 stan kriya, dimana sekitar 30 persennya merupakan perajin muda, serta 24 stan kuliner.

Melalui pameran ini, Ketua Umum Dekranas berharap dapat memberikan wadah bagi para perajin muda untuk menampilkan karya-karya, saling belajar, serta menjalin hubungan yang saling menguntungkan.

"Dekranas sebagai organisasi yang memayungi perajin Indonesia selalu berupaya memberikan dukungan dan ruang bagi para perajin, khususnya generasi muda untuk berkarya dan berinovasi," pungkas Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin.

Turut mendampingi Pj. Ketua Dekranasda Kota Tebing Tinggi, Ketua DWP Unit Inspektorat Ny. Hj. Umi Kalsum, S.Tr., Keb. Bd., Ketua TP PKK Kecamatan Padang Hilir Ny. Hj. Afyalda, SE., Ketua DWP Unit Badan PKPD Ny. Imelda Mardayanti, SH., M.Kn., Ketua DWP Unit Diskominfo Ny. Novita Arny, Ketua DWP Unit Disdikbud Ny. Afrinaningsih, S.Keb. Bd. dan anggota DWP Unit Sekretariat Ny. Maya Rahmayanti. 

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK