Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

PIMPIN RAPAT SOSIALISASI RANCANGAN TEKNOKRATIF RPJMD TAHUN 2025-2029, PJ. WALI KOTA : TANTANGAN KOTA TEBING TINGGI KEDEPAN JAUH LEBIH BESAR

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Dr. Moetaqqin Hasrimi, S.STP., M.Si. didampingi Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik, Ketua KPU Emil Sofyan dan Ketua Bawaslu Amsal Franky H. Tambun memimpin Rapat Sosialisasi Rancangan Teknokratif RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Tahun 2025-2029 Kota Tebing Tinggi, yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), Selasa (11/06/2024) di ruang aula kantor Bappeda Jln. Delima No. 5 Kelurahan Rambung.

Dalam bimbingan dan arahannya, Pj. Wali Kota mengatakan, tantangan Kota Tebing Tinggi ke depan, akan jauh lebih besar. Oleh karena itu, melalui momentum ini, Pj. Wali Kota meminta peserta yang hadir dapat memberikan sumbangsih saran pemikiran, mau dibawa ke mana Kota Tebing Tinggi ini kedepannya dan bagaimana agar Kota Tebing Tinggi dapat sejalan dengan RPJMD 2025-2029.  

“Jadi masing-masing kita berikan sumbangsih dan pemikiran. Acara ini sangat penting untuk menyatukan visi dan misi kita bersama, artinya Pemerintah Kota Tebing Tinggi melalui Bappeda membuat suatu roadmap RPJMD. Inilah turunan cikal bakal yang nanti dipakai bakal calon Wali Kota. Visi dan misi, road mapnya nanti diambil, biar selaras antara pemerintah pusat, provinsi dan daerah tingkat dua,” terang pj. Wali Kota.

Beberapa saran masukan turut disampaikan Pj. Wali Kota untuk membuat Kota Tebing Tinggi menjadi lebih baik lagi, termasuk dalam hal menginovasi tampilan/ packaging lemang yang merupakan salah satu ikon dari Kota Tebing Tinggi.

Terkait masalah ketahanan pangan, Pj. Wali Kota meminta kepada RT, RW, untuk memetakan daerah/ lokasi mana untuk kawasan pemukiman dan untuk sawah pertanian. Hal ini, ujar Pj. Wali Kota, adanya ditemui, pada beberapa kelurahan, sawah pertanian sudah berubah alih fungsi menjadi ruko atau perumahan.

Tak lupa, memasuki tahapan Pilkada, Pj. Wali Kota berpesan agar menjaga kondusifitas menjelang pilkada.

“Siapapun yang terpilih, itu yang terbaik dari masyarakat Kota Tebing Tinggi, jadi kita hargai pilihan dari masyarakat Kota Tebing Tinggi. Silahkan berkompetisi secara sehat. Berikan, tunjukkan visi dan misi terbaik kepada masyarakat,” pesan Pj. Wali Kota.

Dalam laporan dan pemaparannya, Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari pedoman penyusunan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tahun 2025 melalui aplikasi zoom meeting oleh Kementerian Dalam Negeri, Dirjen Pembangunan Daerah dan Bappelitbang Provinsi Sumatera Utara yang diselenggarakan tanggal 07 Juni 2024.

“Kami sudah menyiapkan ini bukunya bapak/ibu sekalian rancangan teknokratik RPJPD 2025-2045 yang memuat mau dibawa kemana Kota Tebing Tinggi 20 tahun ke depan, sebagai hasil evaluasi terhadap RPJPD 20 tahun yang lalu,” ungkap Kepala Bappeda.

Lanjut Kepala Bappeda, Kota Tebing Tinggi dalam RPJMD tahun 2025-2029 mempunyai visi, Kota Tebing Tinggi Yang Maju, Sejahtera Dan Berkelanjutan, dengan 5 misinya, ujar Kepala Bappeda, yakni pertama mewujudkan sumber daya manusia unggul yang berkualitas dan berdaya saing, kedua mewujudkan perekonomian yang kokoh melalui pembangunan dan pemerataan ekonomi yang berkeadilan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ketiga, mewujudkan keterpaduan penataan ruang serta pemenuhan kapasitas dan layanan sarana prasarana secara menyeluruh, keempat mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan dan kelima mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif,dan efisien. 

Turut hadir Kepala OPD atau mewakili, Camat dan Lurah atau mewakili, tamu undangan diantaranya insan pers, calon kepala daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tim peliputan Diskominfo.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK