Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

PENJABAT WALI KOTA TEBING TINGGI HIMBAU PENYALURAN BANTUAN PANGAN TAHAP II SEGERA DILAKUKAN 

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. menghimbau stakeholder terkait agar segera melaksanakan penyaluran Bantuan Pangan Tahap II (dua) tahun 2024, serta mempercepat proses verval (verifikasi validasi) data yang telah mengalami perbaikan.

“Saya berharap langsung saja disalurkan pembagian bantuan pangan tahap II, seraya kita melakukan verifikasi validasi data. Dalam posisi ini tolong dibantu, koordinasi antar stakeholder terkait,” ujar Pj. Wali Kota saat menghadiri Rakor (Rapat Koordinasi) Penyaluran Bantuan Pangan Tahap II Tahun 2024, Rabu (08/05/2024) di ruang Aula Bappeda Jl. Delima.

Sementara, Kadis Ketapang dan Pertanian Marimbun Marpaung, AP., M.SP. menyampaikan dalam laporan, bahwa bantuan pangan ini bersumber dari Bapanas (Badan Pangan Nasional) menyesuaikan data Keluarga Penerima Bantuan Pangan (PBP) yang ditetapkan oleh Bapanas berdasar data P3KE (Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem) dari Kemenko PMK.

Lanjutnya, tahap I (pertama) telah disalurkan melalui PT. Kantor Pos pada bulan Januari sampai Maret 2024. Sementara untuk tahap dua akan disalurkan pada bulan April hingga Juni 2024.

"Yang mana setiap keluarga PBP (Penerima Bantuan Pangan) memperoleh bantuan sebanyak 10 Kilogram per keluarga per alokasi, dengan kualitas beras CBP Medium,” ungkap Kadis Ketapang dan Pertanian.

Diungkapkan Kadis Ketapang dan Pertanian, terdapat 12.904 PBP di Kota Tebing Tinggi. Namun dari jumlah tersebut, terang Kadis Ketapang dan Pertanian, terdapat beberapa data bermasalah, seperti dispute data NIK ganda sebanyak 272 PBP, dispute data NIK triple sebanyak 3 PBP dan dispute data tidak ada NIK sebanyak 87 PBP.

”Saya sangat berharap, kolaborasi bisa mensinkronkan dengan data yang ada pada Kemenko PMK, dengan harapan bantuan pangan beras ini bisa segera kita salurkan karena berasnya sudah ready,” ujar Kadis Ketapang dan Pertanian.

Rizki Ismali mewakili Perum Bulog Kantor Cabang Medan mengatakan, data yang pihaknya terima merupakan data dari Bapanas, yang mana Bapanas mendapatkan dari Kemenko PMK. 

“Kebetulan setelah kita melakukan pengecekan, ada data yang dispute dan memang itu perlu kita lakukan koordinasi dengan dinas dan instansi di Kota Tebing Tinggi,” terangnya. 

Tambahnya, untuk tahun 2024 ini, pihaknya menyalurkan kepada 12.904 KPM di Kota Tebing Tinggi. 

“Setelah kita melakukan pengecekan, ada kurang lebih sekitar 381 data yang dispute atau kurang lengkap dan itu yang kita koordinasikan dengan teman dari dinas. Kebetulan juga Bapak Pj. Wali Kota mensupport sepenuhnya supaya data 381 itu bisa segera terselesaikan. Jadi masyarakat Kota Tebing Tinggi segera mendapat bantuan pangan,” tutup Rizki Ismali. 

Sebagai pihak penyalur bantuan, Kepala Cabang PT. Kantor Pos Kota Tebing Tinggi Ilham, menyatakan kesiapan untuk sebagai transporter angkutan. 

“Jadi kami menarik beras dari gudang Bulog, kemudian kami drop di Kantor Pos sebagai titik salur kepada penerima. InsyaAllah di hari Jumat ini kita siap untuk membagikan. Untuk Kota Tebing Tinggi ada 5 Kecamatan, jadi selama 5 hari kita salurkan dengan target seratus persen tersalur ke penerima. Sementara apabila melewati dari 5 hari, masih bisa susulan tambahan. Kita menargetkan 10 hari sudah tuntas di atas 100 persen,” tutupnya.

Turut dihadiri, Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik, Kadisdukcapil Muhammad Fachri, S.STP., M.AP., perwakilan instansi terkait dan tim peliputan Diskominfo.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK