Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

EVALUASI KINERJA TRIWULAN I PENJABAT WALI KOTA TEBING TINGGI, INSPEKTORAT JENDERAL KEMENDAGRI APRESIASI CAPAIAN KINERJA PJ. WALI KOTA MOETAQQIEN HASRIMI 

Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi Dr. Moetaqqien Hasrimi, S.STP., M.Si mengikuti evaluasi kinerja pelaksanaan tugas Penjabat Wali Kota Tebing Tinggi Triwulan I (satu) di Kantor Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jalan Medan Merdeka Timur No. 8 Jakarta Pusat, Kamis (29/8/2024).

Evaluasi kinerja ini merupakan kegiatan yang dilakukan Kemendagri melalui Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI setiap tiga bulan sekali dalam rangka mengukur keberhasilan Penjabat Kepala Daerah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Daerah. 

Dimana seluruh proses dalam pelaksanaan evaluasi kinerja Penjabat Kepala Daerah dilaksanakan secara transparan dan akuntabel serta tidak melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Kemendagri melalui Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, melakukan penilaian kepada para Pj. Kepala Daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Para Evaluator Inspektorat Jenderal Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) RI, diantaranya, Brigjen Pol Rustam Mansur, Elfin Elyas, Ihsan Dirgahayu, Muhammad Dimiyathi, Kusna Herman, Azwan, Bachtiar Sinaga, dan Tumonggi Siregar yang merupakan Inspektur, PPUPD Ahli dan Auditor Ahli Utama di Inspektorat Jenderal Kemendagri, mengapresiasi secara positif, capaian kinerja Triwulan I (Satu) Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Dr. Moettaqien Hasrimi, S.STP., M.Si.

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Tebing Tinggi dalam paparanya menyampaikan 10 indikator prioritas capaian kinerja triwulan I tahun 2024, diantaranya terkait inflasi dengan IPH Kota Tebing Tinggi per Agustus 2024, dalam tiga minggu terakhir mengalami penurunan dengan kondisi baik. Alokasi anggaran untuk penanganan inflasi tersebar di 7 OPD terkait, dengan melaksanakan Operasi Pasar, Sidak ke Pasar Distributor, Kerjasama dengan penghasil komoditi, dan Pemantauan Harga Komoditi.

Untuk stunting, dijelaskan Pj. Wali Kota Tebing Tinggi, bahwa telah dilaksanakan upaya penanganan berbentuk mini lokakarya di tiap kecamatan, rapat pertemuan jejaring anteatal care dan stunting, dan evaluasi intervensi spesifik stunting.

Lanjut Pj. Wali Kota Moetaqqien Hasrimi, terkait pelayanan publik, Pemko Tebing Tinggi memberikan kemudahan dalam mengakses pelayanan publik melalui Mall Pelayanan Publik (MPP), dengan indeks kepuasan masyarakat di tahun 2024 sebesar 95,5 persen atau dengan predikat Sangat Baik, yang diperoleh dari hasil survei 39.576 koresponden.

Kemudian terkait Pengangguran Terbuka, data pengangguran di Kota Tebing Tinggi selama 4 tahun terakhir mengalami penurunan secara signifikan, dari semula 8719 menjadi 5424 orang. Perhitungan ini didasarkan dari data BPS tahun 2024, dan Rakor tim lintas OPD yang dilakukan bersama Bappeda pada bulan Agustus 2024.

Selanjutnya Kemiskinan Ekstrim, per tanggal 20 Juli 2024 terdapat 12.294 jiwa penduduk miskin di Kota Tebing Tinggi. Dari jumlah angka tersebut telah diintervensi sebanyak 2.220 Kepala Keluarga (KK) bantuan sosial. Program penanggulangan kemiskinan ekstrim diantaranya, program perlindungan sosial dan subsidi secara terpadu kepada masyarakat miskin ekstrim berbasis rumah tangga, keluarga, atau individu yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran, pemenuhan hak dasar, dan perbaikan kualitas hidup kelompok miskin ekstrim.

Bidang Kesehatan dalam upaya peningkatan pelayanan, Pemko Tebing Tinggi telah meresmikan RSUD Kumpulan Pane menjadi Rumah Sakit Pendidikan. RSUD Kumpulan Pane juga telah mengajukan proposal pengadaan alat-alat kesehatan, dalam menunjang pelayanan dokter di instalasi pelayanan kanker, jantung, stroke, uronefrologi, dan kesehatan ibu dan anak.

Selain itu, Pj. Wali Kota juga menyampaikan beberapa kegiatan unggulan yang dilakukan selama menjadi Penjabat Wali Kota, yakni Wak Men (Wali Kota Menyapa), yang mana kegiatan ini langsung bersentuhan dengan masyarakat, dan menerima masukan bagi pemerintah dengan melibatkan OPD terkait.

Diakhir paparannya, Penjabat Wali Kota Moettaqien Hasrimi mengucapkan terima kasih kepada para evaluator yang telah memberikan masukan dan saran pada laporan evaluasi capaian kinerja Penjabat Wali Kota Tebing Tinggi triwulan pertama tahun 2024.

"Tentunya segala masukan dari seluruh evaluator, menjadi perbaikan kami kedepannya, dalam rangka meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Tebing Tinggi," tutup Pj. Wali Kota Moettaqien Hasrimi.

Turut hadir mendampingi Pj. Wali Kota Tebing Tinggi, Plt. Sekda Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, serta para Pimpinan OPD terkait.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK