SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA TEBING TINGGI TAHUN 2025

Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemerintah Kota Tebing Tinggi mengumumkan pembukaan seleksi untuk mengisi kekosongan jabatan Eselon II.b. Seleksi ini mengundang seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang kompeten, berintegritas, dan memenuhi persyaratan untuk mendaftar pada jabatan-jabatan strategis yang dibuka.
No. | Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama |
1 | Inspektur Kota Tebing Tinggi |
2 | Sekretaris DPRD |
3 | Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik |
4 | Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan |
5 | Kepala Dinas Lingkungan Hidup |
6 | Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika |
7 | Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan |
8 | Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah |
9 | Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan |
10 | Kepala Dinas Kesehatan |
11 | Kepala Satuan Polisi Pamong Praja |
12 | Direktur RSUD dr. H. Kumpulan Pane |
Formasi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang Akan Diisi
Daftar di atas adalah Formasi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) yang direncanakan untuk diisi di Pemerintah Kota Tebing Tinggi. Jabatan-jabatan ini memegang peranan kunci dalam menjalankan roda pemerintahan daerah.
II. Persyaratan Pelamar Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
A. Persyaratan Status dan Kepangkatan
-
Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).
-
Memiliki kualifikasi pendidikan minimal Sarjana (S-1) atau Diploma IV.
-
Memiliki pangkat dan golongan ruang sekurang-kurangnya Pembina (IV/a).
-
Usia maksimal 56 tahun 0 hari pada saat ditetapkan/dilantik sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama.
B. Persyaratan Pengalaman dan Kompetensi Jabatan
-
Memiliki kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural sesuai standar kompetensi jabatan yang dilamar.
-
Memiliki pengalaman jabatan pada bidang tugas yang terkait secara kumulatif paling kurang selama 5 (lima) tahun.
-
Sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator (Eselon III) atau Jabatan Fungsional Jenjang Ahli Madya paling singkat selama 2 (dua) tahun.
C. Persyaratan Integritas dan Kinerja
-
Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik.
-
Semua unsur penilaian kinerja pegawai (SKP) sekurang-kurangnya bernilai “BAIK” dalam waktu 2 (dua) tahun terakhir (Tahun 2023 dan Tahun 2024).
-
Tidak pernah atau tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat.
-
Tidak sedang berstatus hukum sebagai Tersangka, Terdakwa, atau Terpidana untuk Tindak Pidana Korupsi dan/atau Tindak Pidana Kriminal.
-
Tidak memiliki kewajiban Tuntutan Ganti Rugi (TGR).
D. Persyaratan Kesehatan dan Administrasi
-
Sehat jasmani dan rohani.
-
Bebas dari penyalahgunaan narkoba.
-
Telah melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Tahun 2024.
-
Telah menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Tahun 2024 atau Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) Tahun 2024 (bagi yang tidak wajib lapor LHKPN).
E. Prosedur Administrasi
-
Mendapatkan persetujuan/rekomendasi untuk mengikuti seleksi terbuka JPT Pratama dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi asal.
-
Mengajukan lamaran tertulis bermaterai kepada Wali Kota Tebing Tinggi Cq. Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.
JADWAL PELAKSANAAN SELEKSI
No. | Kegiatan | Waktu Pelaksanaan | Keterangan/Media Pengumuman |
1 | Pengumuman Pendaftaran Seleksi Terbuka | 25 September s.d. 09 Oktober 2025 | Diumumkan melalui: - https://asnkarier.bkn.go.id - https://tebingtinggikota.go.id - https://bkpsdm.tebingtinggikota.go.id |
2 | Pendaftaran Peserta Secara Online | 25 September s.d. 09 Oktober 2025 | Melalui https://asnkarier.bkn.go.id |
3 | Seleksi Administrasi | 25 September s.d. 10 Oktober 2025 | Dilaksanakan oleh Panitia Seleksi Terbuka dan Sekretariat Panitia Seleksi |
4 | Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi | 11 Oktober 2025 | Diumumkan melalui situs resmi Pemkot Tebing Tinggi dan BKN (seperti pada poin 1) |
5 | Penilaian Rekam Jejak, Makalah, dan Wawancara | 14 s.d. 15 Oktober 2025 | Dilaksanakan oleh Panitia Seleksi Terbuka |
6 | Pengumuman Hasil Penilaian Rekam Jejak, Makalah, dan Wawancara | 16 Oktober 2025 | Diumumkan melalui situs resmi Pemkot Tebing Tinggi dan BKN (seperti pada poin 1) |
7 | Assessment Test | 17 s.d. 18 Oktober 2025 | Dilaksanakan oleh Lembaga Penyelenggara Assessment Center |
8 | Penilaian Akhir | 20 Oktober 2025 | Dilaksanakan oleh Panitia Seleksi Terbuka |
9 | Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Terbuka | 21 Oktober 2025 | Diumumkan melalui situs resmi Pemkot Tebing Tinggi dan BKN (seperti pada poin 1) |
10 | Penyerahan Laporan dan Hasil Seleksi Terbuka kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) | 22 Oktober 2025 | Dilaksanakan oleh Panitia Seleksi Terbuka |
Catatan Penting:
-
Masa pendaftaran dan pengiriman berkas secara online berlangsung mulai 25 September hingga 9 Oktober 2025.
-
Pengumuman hasil akhir dijadwalkan pada 21 Oktober 2025.
-
Semua peserta diimbau untuk memantau pengumuman resmi melalui tiga tautan yang disebutkan di atas.
KETENTUAN DAN INFORMASI LEBIH LANJUT
-
Pendaftaran dan penyampaian seluruh berkas administrasi dilakukan secara daring (online) melalui portal resmi.
-
Persyaratan khusus dan format dokumen yang diperlukan dapat diunduh pada laman: [Alamat Website BKPSDM/Portal JPTP Resmi Pemko Tebing Tinggi]
-
Keputusan Panitia Seleksi bersifat final, mutlak, dan tidak dapat diganggu gugat.
PERHATIAN PENTING: Proses seleksi ini TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN dan Panitia Seleksi tidak melayani komunikasi terkait hasil seleksi di luar prosedur resmi.