Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

RAKOR PENGENDALIAN INFLASI SECARA VIRTUAL, SEKJEN KEMENDAGRI MINTA KEPALA DAERAH SE-INDONESIA PANTAU HARGA KOMODITAS JELANG HARI RAYA IDUL ADHA 1445 H

Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Bagian Perekonomian dan SDA Setdako mengikuti rakor (rapat koordinasi) pengendalian inflasi di daerah yang rutin diselenggarakan setiap minggunya secara virtual, Selasa (04/06/2024) di Ruang Kerja lantai IV gedung Balai Kota Jl. Dr. Sutomo. 

Dihadiri, Plt. Asisten Administrasi dan Umum M. Syah Irwan, S.KM., M.Kes., Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Zahidin, S.Pd., M.Pd., Kadisnakerperin Ir. Iboy Hutapea dan Agustiar, ST. mewakili Kepala BPS.

Rakor dipimpin Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri RI Tomsi Tohir Balaw dan diikuti Kepala Daerah Gubernur, Bupati, Wali Kota, Forkopimda dan TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) di daerahnya masing-masing secara daring.

Dalam rakor tersebut, Plt. Sekjen Kemendagri RI meminta para Kepala Daerah seluruh Indonesia untuk melakukan pengecekan harga komoditas yang cenderung mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Pengecekan ini dilaksanakan dalam rangka menekan angka inflasi yang cenderung naik menjelang hari raya.

"Dua minggu lagi kita akan menghadapi Hari Raya Idul Adha, ini kami berharap para kepala daerah untuk bisa turun langsung mengecek, mendatakan, serta mengkoordinasikan dengan daerah-daerah lain, harga-harga yang di daerahnya nantinya akan cenderung naik," ujar Plt. Sekjen Kemendagri RI.

Hal tersebut, dengan sinkronisasi data dari Badan Pusat Statistik (BPS) telah membuat penilaian terhadap seluruh pemerintah daerah terkait inflasi setiap minggu.

"Kami akan mendata dari minggu ke minggu, apakah terjadi perubahan, pergeseran, atau tetap dengan inflasi-inflasi yang tinggi," ungkap Plt. Sekjen Kemendagri RI.

Lanjutnya, mendorong Pemda untuk memperkuat gerakan menanam sejumlah komoditas kebutuhan pokok serta memperbanyak penyebaran lokasi penanaman.

Tak kalah penting, ujar Plt. Sekjen Kemendagri RI, beberapa komoditas impor tertentu juga diharapkan datang tepat waktu dengan pendistribusian yang juga tepat sasaran, sehingga persoalan kenaikan harga dapat diatasi.

"(Ketika) beberapa komoditas tertentu yang impor dapat hadir pada tepat waktu maka kita akan dapat mengatasi gejolak-gejolak harga tersebut," terang Plt. Sekjen Kemendagri RI.

Oleh karenanya, Plt. Sekjen Kemendagri RI juga meminta kepada Kementerian Perdagangan agar berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait guna menjaga ketepatan waktu barang yang masuk.

Hal ini, jelas Plt. Sekjen Kemendagri RI, demi memudahkan masyarakat dalam memperoleh komoditas-komoditas yang dibutuhkan.

Turut hadir secara virtual, perwakilan OPD terkait, tim Aptika dan tim peliputan Diskominfo.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK