Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Plt. SEKDA KOTA TEBING TINGGI BUKA KEGIATAN PERSIAPAN PELAKSANAAN INTEGRASI LAYANAN PRIMER (PERTEMUAN KOORDINASI DAN ADVOKASI LP/LS) KOTA TEBING TINGGI TAHUN 2024

Plt. Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M. membuka kegiatan Persiapan Pelaksanaan Integrasi Layanan Primer (Pertemuan Koordinasi dan Advokasi LP/LS) Kota Tebing Tinggi tahun 2024, di Hotel Malibou Jln. Diponegoro, Kota Tebing Tinggi, Rabu (07/08/2024).

Dalam arahannya, Plt. Sekda Kota Tebing Tinggi mengatakan capaian 12 pelayanan pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan kabupaten/ kota belum ada yang mencapai target 100%. Hal ini menurut Plt. Sekda, menunjukkan bahwa unit pemberi layanan kesehatan belum cukup dekat dengan masyarakat untuk memenuhi standar pelayanan minimal.

"Maka dari itu diperlukan transformasi layanan primer untuk memenuhi standar pelayanan minimal menuju cakupan semesta, terutama penguatan pelayanan kesehatan dasar (primary health care) dengan mendorong peningkatan upaya promosi dan preventif didukung inovasi dan pemanfaatan teknologi," ujar Plt. Sekda. 

Lebih lanjut dikatakan Plt. Sekda, transformasi layanan primer ini sejalan dengan arah kebijakan dan strategi bidang kesehatan yang diamanatkan dalam RPJMN 2020-2024, yang difokuskan untuk meningkatkan layanan promotif dan preventif, seperti memperkuat upaya pencegahan, deteksi dini, promosi kesehatan, membangun infrastruktur, melengkapi sarana prasarana, sdm serta memperkuat manajemen di seluruh layanan primer di fasilitas kesehatan primer/ puskesmas.

Diungkapkan Plt. Sekda, perubahan mendasar pada transformasi layanan kesehatan primer terletak pada desain layanan yang difokuskan pada kelompok sasaran, pada puskesmas.

"Desain ini memberikan paket layanan yang akan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai siklus kehidupannya," terangnya.

Pelayanan di Puskesmas yang semula berbasis program akan berubah menjadi berbasis siklus kehidupan sebagai platform integrasi layanan kesehatan. Demikian juga metode pelayanan ILP ini, juga akan berlaku di tingkat desa/ kelurahan, yaitu dalam bentuk Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) termasuk Posyandu dan PKK.

"Dengan kerjasama dan koordinasi yang baik antara dinas kesehatan dan dinas-dinas terkait lainnya, dengan desa/kelurahan, akan meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan kader posyandu," kata  Plt. Sekda.

Plt. Sekda mengatakan, kegiatan persiapan ILP ini bertujuan untuk penguatan dalam koordinasi dan advokasi dalam implementasi integrasi layanan primer serta untuk memotivasi puskesmas dan kelurahan untuk segera berbenah dan mempersiapkan diri dalam menerapkan integrasi layanan primer di tahun 2024 ini. 

Untuk itu, Plt. Sekda berharap melalui kegiatan ini dapat semakin meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

"Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk sama-sama belajar dan menggali informasi demi transformasi pelayanan yang lebih baik. Saya berharap seluruh peserta persiapan kegiatan ini dapat mengikuti pertemuan ini dengan baik serta berperan secara aktif," pungkas Plt. Sekda. 

Turut serta hadir dalam rapat tersebut Plt. Dinas kesehatan Plt. Kadis Kesehatan dr. Henny Sri Hartati, narasumber Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, seluruh Camat atau yang mewakili Se-Kota Tebing Tinggi, seluruh Lurah atau yang mewakili Se-Kota Tebing Tinggi, Puskesmas Se-Kota Tebing Tinggi, Posyandu sekota Tebing Tinggi, dan Tim Peliputan Diskominfo.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK