Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

PJ. WALI KOTA TEBING TINGGI KUNJUNGAN AUDIENSI KE PERPUSNAS RI, HARAPKAN PERHATIAN DAN DUKUNGAN PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN 

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggj Dr. Moettaqien Hasrimi, S.STP., M.Si  didampingi Kadis Perpustakaan dan Arsip daerah Muhammad Fadly, S.Pd., M.Pd., melakukan kunjungan audiensi ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia, di gedung Perpusnas Jln. Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta Pusat, Rabu, (28/08/2024).

Dalam audiensi tersebut, Pj. Wali Kota Moetaqqien Hasrimi mengharapkan perhatian dan dukungan dari Perpustakaan Nasional untuk pengembangan perpustakaan Kota Tebing Tinggi, baik dari sisi pengembangan gedung maupun sarana dan prasarana.

Harapan itu disampaikan Pj. Wali Kota dalam paparannya kepada Perpusnas tentang perkembangan Perpustakaan Kota Tebing Tinggi dan permasalahan yang dihadapi.

"Bahwa cukup tingginya jumlah kunjungan di Perpustakaan Daerah Kota Tebing Tinggi, rata rata satu hari mencapai 600-700 pengunjung," kata Pj. Wali Kota.

Tambah Pj. Wali Kota, sedangkan gedung layanan Perpustakaan sangat kecil sehingga kurang mampu menampung pengunjung. Ditambah buku-buku yang dimiliki Perpustakaan dirasa masih sangat kurang. 

"Hal ini menunjukkan minat masyarakat Kota Tebing Tinggi terhadap literasi sangat tinggi. Ditambah layanan langsung ke masyarakat melalui bus keliling yang hanya ada 4 mobil dan 2 motor cerdas rutin setiap hari berkunjung ke 35 Kelurahan yang ada di Kota Tebing Tinggi dirasa sangat kurang sekali," terang Pj. Wali Kota.

Atas hal itu, Pj. Wali Kota meminta perhatian dan dukungan dari Perpustakaan Nasional RI untuk melakukan pengembangan layanan Perpustakaan di Kota Tebing Tinggi dengan menyiapkan lahan yang sangat strategis dan asri yang bisa dibangun layanan Perpustakaan yang berstandar Nasional untuk bisa menampung pengunjung Perpustakaan yang cukup tinggi di Kota Tebing Tinggi. 

"Selain itu, kami juga berharap bantuan layanan Mobil Perpustakaan Keliling agar layanan kemasyarakat semakin merata, ditambah buku-buku bacaan bermutu,. Terimakasih atas kesempatan yang diberikan, Wassalamualaikum Wr Wb," demikian ujar Pj. Wali Kota.

Sementara, Sestama Perpusnas RI Dr. Joko Santoso, M. Hum., yang menerima rombongan, sangat mengapresiasi usaha dan upaya Pj. Wali Kota, untuk melakukan pengembangan literasi di Kota Tebing Tinggi. Meski masih terbilang baru menjabat, sekitar 3 bulan, namun sudah membuat gebrakan luar biasa dengan berkenan bersilaturahmi ke Perpustakaan Nasional dengan mengikut sertakan Perangkat Daerah si Kota Tebing Tinggi. 

"Untuk tahun 2025, InsyaAllah Kota Tebing Tinggi akan mendapat bantuan dana DAK non Fisik untuk pengembangan kualitas literasi dan SDM Perpustakaan dengan beberapa item pengembangan kualitas layanan dan SDM," ujarnya.

Untuk DAK fisik, jelasnya, dengan komitmen dari Pj. Wali Kota, maka langsung disampaikan ke Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan untuk lebih memperhatikan, sehingga di tahun 2025 Kota Tebing Tinggi bisa menjadi lokasi prioritas pembangunan gedung layanan Perpustakaan yang berstandar Nasional. 

Sestama juga meminta agar Pemerintah Kota Tebing Tinggi mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan berupa lahan yang dimiliki Pemko, DED dan RAB serta surat dukungan lainnya. 

"Sehingga tahun 2026 diharapkan DAK Fisik Perpusnas bisa dibangunkan gedung layanan Perpustakaan di Kota Tebing Tinggi," ujar Sestama Perpusnas.

Selanjutnya Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Dr. Adin Bondar, menyampaikan untuk tahun 2024 ini Kota Tebing Tinggi mendapatkan bantuan buku bacaan bermutu sebanyak 1000 buah beserta rak buku untuk 10 Kelurahan. 

"Yang nantinya akan dikelola oleh Kelurahan sehingga literasi akan semakin dirasakan sampai ke masyarakat Kelurahan. Terkait Mobil Perpustakaan Keliling akan menjadi prioritas di tahun 2026," kata Deputi. 

Dalam kesempatan itu juga, Deputi menyampaikan bahwa Perpustakaan Nasional terus berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan sesuai dengan permintaan Kadisdikbud Kota Tebing Tinggi untuk semakin memperkaya khazanah perbukuan yang berkualitas sebagai bahan bacaan siswa melalui pemberian barcode, yang berisi buku-buku digital yang sudah diberikan oleh Perpusnas. 

"Sehingga diharapkan kemajuan teknologi digital yang sangat luar biasa pesat, dimana siswa yang menggunakan HP tidak hanya menggunakan HP sebatas untuk Facebook, Tiktok, Instagram saja tetapi di HP siswa juga ada perpustakaan yang berisi buku-buku digital," ujar Deputi.

Deputi juga menyampaikan kemajuan teknologi digital tidak mungkin dihambat, melainkan harus disikapi dengan menyanding teknologi digital dengan nuansa pembelajaran melalui buku-buku elektronik yang bermutu. 

Mendengar pemaparan dari Sestama dan Deputi, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi mengungkapkan rasa syukur dan mengucapkan terimakasih serta apresiasi ke Perpustakaan Nasional yang menyambut kedatangan rombongan Pemko Tebing Tinggi dan menjadikan Kota Tebing Tinggi prioritas untuk dibantu, mengingat APBD Kota Tebing Tinggi yang kecil. 

Serta Pj. Wali Kota meminta langsung kepada Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah untuk sesegera mungkin mempersiapkan persyaratan yang diperlukan.

Dalam pertemuan audiensi yang hangat dan sangat akrab tersebut, diakhiri dengan pemberian cinderamata berupa plakat Kota Tebing Tinggi ke Perpustakaan Nasional dari Pj. Wali Kota yang langsung diterima oleh Sestama Perpusnas RI.

Turut hadir, Kabiro Perencanaan dan Keuangan Perpusnas RI, Tubu Simanjuntak, SE, MM., Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik, Kepala BPKAD Sri Imbang Jaya Putra, AP., M.SP , Kadisdikbud Idham Kalid Daulay, S.KM., M.Kes dan Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.STP., M.Si.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK