Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Pj. WALI KOTA TEBING TINGGI BERSAMA KETUA DPRD DAN FORKOPIMDA IKUTI PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN RI SECARA VIRTUAL

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. bersama Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, S.H., M.H. dan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Tebing Tinggi mengikuti pidato kenegaraan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPD dan DPR secara virtual, Rabu (16/8/2023) di ruang Sidang Utama DPRD Kota Tebing Tinggi.

Sidang Tahunan yang digelar secara langsung di gedung DPR RI tersebut, dalam rangka HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang tampak mengenakan baju adat Tanimbar dari Maluku dalam pidato kenegaraan mengatakan bahwa budaya santun budi pekerti luhur di Indonesia mulai memudar.

"Apapun bisa sampai ke Presiden. Mulai dari masalah rakyat di pinggiran sampai kemarahan, ejekan, bahkan makian dan fitnahan. Bisa dengan mudah disampaikan. Kebebasan dan demokrasi digunakan untuk melampiaskan kedengkian dan fitnah," ujar Presiden RI.

Presiden RI pun menyuarakan kepada masyarakat untuk menjaga mentalitas sekitarnya, sehingga Indonesia bisa tetap melangkah maju, menjalankan transformasi menuju Indonesia Emas 2045. 

Masih ujar Presiden RI, dengan international trust yang tinggi, kredibilitas kita akan lebih diakui, kedaulatan kita akan lebih dihormati. Suara Indonesia akan lebih didengar sehingga memudahkan kita dalam bernegosiasi. Peluang tersebut harus mampu kita manfaatkan. 

"Strategi pertama kita untuk memanfaatkan kesempatan ini adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia. Kita telah berhasil menurunkan angka stunting menjadi 21,6 persen di 2022 dan menaikkan Indeks Pembangunan Manusia menjadi 72,91 di 2022. Kita juga telah meningkatkan Indeks Pemberdayaan Gender menjadi 76,59 di 2022," ungkap Presiden RI.

Lanjut Presiden RI, "Kita telah menyiapkan anggaran perlindungan sosial, dengan total sebesar Rp 3.212 triliun dari tahun 2015 sampai tahun 2023, termasuk didalamnya Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako, serta perlindungan kepada lansia, penyandang disabilitas, dan kelompok rentan lainnya. Kita juga me-reskilling dan upskilling tenaga kerja melalui Balai Latihan Kerja dan Program Pra-Kerja," urai Presiden RI.

Disaat yang sama, tambah Presiden RI, SDM yang telah kita persiapkan harus mendapat lapangan kerja yang bisa menghasilkan produktivitas nasional. Kita harus mengembangkan sektor ekonomi baru yang membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya, yang memberikan nilai tambah sebesar-besarnya.

Kepemimpinan kedepan, menurut Presiden RI, sangat menentukan masa depan Indonesia. Ini bukan tentang siapa yang jadi presidennya. Tapi, apakah pemimpin kedepan sanggup atau tidak untuk bekerja sesuai dengan apa yang sudah dimulai saat ini, apakah berani atau tidak, mampu konsisten atau tidak. 

Selain itu, ujar Presiden RI, seorang pemimpin juga membutuhkan dukungan dan kerja sama dari seluruh komponen bangsa. Oleh sebab itu, Presiden mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemimpin adat, guru, budayawan, tenaga kesehatan, awak media, partai politik, politisi, aparat pemerintah, jajaran TNI dan Polri, serta kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah memberikan dukungan selama ini.

"Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa mempermudah upaya kita dalam meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan. Marilah kita bersatu padu, Terus Melaju untuk Indonesia Maju," demikian disampaikan Presiden RI.

Turut hadir secara virtual di ruang sidang Utama DPRD Kota Tebing Tinggi, Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., Wakil Ketua I H. Muhammad Azwar, S.Si., M.M., Wakil Ketua II Iman Irdian Saragih, S.E., Kapolres AKBP. Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.I.K., M.KP., Kajari Sundoro Adi, S.H., M.H., Ketua PN Cut Carnelia, S.H., M.H., Danramil 12/BKH Kapt. Kav. Paidi, AKP. Ali Somali mewakili Danyon B Sat Brimob Poldasu.

Lanjut, Kepala BNNK AKBP. Alexander Samuel Soeki, S.Sos., M.H., Kalapas Anton Setiawan, Amd.,IP., S.HM., Wakil Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Kompol Leo Sembiring, Kepala OPD atau mewakili, Asisten, Staf Ahli, Camat dan Lurah atau mewakili, insan pers serta tamu undangan dan tim peliputan Diskominfo.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK