Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Pj. WALI KOTA TEBING TINGGI BERHARAP ORMAS TURUT BERPERAN AKTIF SUKSESKAN PENYELENGGARAAN DAN PELAKSANAAN PILKADA SERENTAK 2024

Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan dan penyelenggaraan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Gubernur dan Wali Kota-Wakil Wali Kota, Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Badan Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) menggelar Sosialisasi Peran Ormas (Organisasi Kemasyarakatan) Kota Tebing Tinggi Pada Pilkada Tahun 2024, Rabu (31/07/2024) di gedung Hj. Shawiyah Jln. Dr. Sutomo.

Plh. Sekdako M. Syah Irwan, S.KM,. M.Kes. yang dalam hal ini mewakili Pj. Wali Kota Dr. Moettaqien Hasrimi, S.STP., M.Si., menyampaikan sambutan tertulis Pj. Wali Kota Tebing Tinggi. Dalam sambutan tertulisnya, Pj. Wali Kota Moetaqqien Hasrimi berharap kepada seluruh ormas yang berada di Kota Tebing Tinggi agar dapat turut serta berperan aktif dalam menyukseskan penyelenggaraan dan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 yang digelar pada 27 November mendatang.

"Peran Ormas dalam Pemilu Kepala Daerah Tahun 2024 sangatlah penting, khususnya dalam menciptakan situasi yang kondusif, merajut dan menjalin semangat persatuan dan kesatuan bangsa serta menciptakan komitmen bersama untuk menjaga keutuhan NKRI," ujar Plh. Sekdako.

Lebih lanjut, Pj. Wali Kota dalam sambutan tertulisnya berharap agar Ormas dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjadi peserta yang cerdas pada Pilkada 2024 mendatang.

"Proses ini merupakan jalan demokratis terbaik, dimana masyarakat menentukan hak pilihnya, siapa saja calon pemimpin daerah menurut hatinya tanpa adanya tekanan, paksaan dari pihak manapun," kata Plh. Sekda membacakan sambutan tertulis Pj. Wali Kota Moetaqqien Hasrimi.

Pj. Wali Kota berharap, kegiatan sosialisasi ini dapat semakin meneguhkan peran serta Ormas di tengah masyarakat, terutama dalam rangka menyukseskan terlaksananya pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tebing Tinggi tahun 2024. 

"Harapan selanjutnya kegiatan ini semakin mengokohkan sinergitas Pemerintah Kota Tebing Tinggi bersama organisasi masyarakat dalam memberikan yang terbaik kepada kota Tebing Tinggi," harap Pj. Wali Kota dalam sambutan tertulisnya. 

Plt. Kaban Kesbangpol Abdul Halim Purba, S.STP., M.Si. selaku Ketua panitia pelaksana melaporkan dasar pelaksanaan, Undang-undang (UU) No. 17 tahun 2013, UU No. 16 tahun 2017, UU No. 10 tahun 2016, Permendagri No. 56 tahun 2017, Permendagri No. 57 tahun 2017 dan Perwal Tebing Tinggi No. 41 tahun 2021.

"Kegiatan hari ini adalah Sosialisasi Organisasi Kemasyarakatan Kota Tebing Tinggi Tahun 2024, dengan tema kegiatan, Peran Ormas Pada Pilkada Tahun 2024," ujar Plt. Kaban Kesbangpol.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini antara lain, lanjut Plt. Kaban Kesbangpol, pertama peserta mendapatkan informasi tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024. Kedua, peserta mendapatkan informasi bagaimana peran ormas dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.

"Dan yang ketiga, peserta memahami peran dan fungsi organisasi masyarakat dalam mendukung suksesnya Pilkada serentak 2024," terang Plt. Kaban Kesbangpol.  

Adapun Narasumber dalam kegiatan ini, yakni Harry, S.STP., M.Sc. selaku Kabid Ketahanan Ekososbud dan Ormas Badan Kesbangpol Provinsi Sumut, anggota KPU provinsi Sumut Divisi SDM dan Litbang Robby Effendi dan Dosen FBS Unimed Hendra Kurnia Pulungan, S.Sos., M.I.Kom. 

Turut dihadiri, Ketua KPU Tebing Tinggi H. Emil Sofyan, insan pers, organisasi kemasyarakatan/ kepemudaan, tamu undangan dan tim peliputan Diskominfo. 

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK