Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Pj. WALI KOTA MOETAQQIEN HASRIMI APRESIASI DAN UNGKAPKAN RASA SYUKUR KOTA TEBING TINGGI JADI LOKASI PROGRAM GENIUS DAN LAUNCHING PERDANA TOKO PANTAU PENGENDALI INFLASI DI SUMATERA UTARA

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Dr. Moettaqien Hasrimi, S.STP., M.Si. mengapresiasi dan mengungkapkan rasa syukurnya atas kegiatan Launching GENIUS (Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi Untuk Siswa) dan Launching Perdana Toko Pantau Pengendali Inflasi di Sumatera Utara, yang digelar di GOR Asber Nasution, Jln. Gunung Leuser BP 7, Kota Tebing Tinggi, Senin (26/08/2024).

“Kita bersyukur mendapat launching GENIUS ini ditempatkan di Kota Tebing Tinggi dan Toko Pantau Pengendali Inflasi kita pertama di Provinsi Sumatera Utara ini. Kita harap juga ini dapat berkelanjutan, dan saya sampaikan Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian, ini dapat dilaksanakan dan kita pantau berkelanjutannya,” ujar Pj. Wali Kota, yang dalam kesempatan ini juga mewakili Pj. Gubernur Sumatera Utara yang berhalangan hadir.

Lanjut Pj. Wali Kota, mengenai saran dari Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Yura A. Djalins, mengenai pembentukan BUMD Pangan di Kota Tebing Tinggi, Pj. Wali Kota sangat mengapresiasi dan akan berupaya merealisasikannya. 

“Itu luar biasa bahkan di Sumatera Utara juga belum ada. Saya harapkan, kita laksanakan itu, namun kami, Pemko Tebing Tinggi juga harus berkoordinasi dengan DPRD, karena itu nantinya berkaitan juga dengan Perda,” ujar Pj. Wali Kota.

Sementara, Direktur Pengendali Kerawanan Pangan Bapanas Dr. Sri Nuryanti, STP, MP.,  menyampaikan, melalui GENIUS ini, pemerintah memberikan edukasi kepada anak-anak agar bisa mengkonsumi pangan yang mengandung protein tinggi.

Para orang tua, terang Dr. Sri Nuryanti, STP, MP., turut juga dihadirkan, agar memperoleh pemahaman pangan-pangan apa yang harus disiapkan untuk putra-putrinya. 

“Sehingga mereka memiliki kecerdasan yang baik dan mereka diberikan sarapan, energi untuk belajar lebih bagus lagi. Dan orang tua yang menyiapkan makanan ini juga bisa paham apa yang harus disiapkan,” ujar Direktur Pengendali Kerawanan Pangan Bapanas. 

Dalam laporannya, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian (KPP) Dr. Marimbun Marpaung, SP., M.Si. mengatakan, Gerakan Edukasi Dan Pemberian Pangan Bergizi Untuk Siswa (GENIUS) merupakan salah satu upaya untuk mendukung penanganan rawan pangan dan gizi serta peningkatan kualitas generasi emas 2045. 

“Pemberian pangan bergizi diberikan kepada siswa/siswi dalam bentuk kudapan berbahan dasar protein hewani. selain itu juga diberikan edukasi pangan dan gizi bekerjasama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Gizi Indonesia (AIPGI) kepada siswa/siswi penerima manfaat genius dan kepada para orangtua siswa,” kata Kadis KPP.

Adapun siswa/siswi yang mendapatkan kudapan Genius dengan tema "GENIUS Mendukung Tercapainya Sekolah Sehat Menuju Indonesia Kuat", sebanyak 493 siswa di 3 (tiga) Sekolah Dasar Negeri, yaitu siswa/i SD Negeri 165726 sebanyak 161 orang, siswa/i SD Negeri 165727 sebanyak 119 orang dan siswa/i SD Negeri 165735 sebanyak 213 orang.

Sebagai informasi, untuk Toko Pantau Pengendali Inflasi, saat ini baru ada 3 di Kota Tebing Tinggi, yakni di UD. Siska, UD. A.J. Sembiring dan Toko Zakira.

Acara dirangkai dengan pemukulan gondang dan pengguntingan pita tanda dimulainya acara secara resmi, penyerahan bantuan secara simbolis, dilanjutkan peninjauan di stand UMKM dan berfoto bersama.

Turut dihadiri, Wakapolres Kompol. Slamet Riyadi, S.H., M.H., Ketua PN Hajar Widianto, S.H., M.H., Danramil 13/ TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Yura A. Djalins, Wakil Pemimpin Wilayah Perum Bulog Sumut Erwin Budiana, Pemimpin Perum Bulog Kancab Medan dan wakil, Kepala OPD, Camat dan Lurah atau mewakili, tamu undangan dan tim peliputan Diskominfo.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK