Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-63, PJ. WALI KOTA TEBING TINGGI TEKANKAN PENTINGNYA JIWA PANCASILA

Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi menggelar upacara peringatan Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 di halaman Balai Kota, Jl. Dr. Sutomo, Kamis (26/9/2024). Upacara dipimpin Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Dr. Moettaqien Hasrimi S.STP., M.Si yang sekaligus merupakan Ketua Kwartir Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Tebing Tinggi.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota menekankan pentingnya peran Gerakan Pramuka dalam mempersiapkan generasi muda yang berjiwa Pancasila dan berkontribusi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

"Pramuka berperan besar dalam membentuk karakter pemuda yang memiliki semangat kebangsaan dan mampu menjaga keutuhan NKRI, sesuai dengan tema peringatan Hari Pramuka tahun ini 'Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI'," ujar Pj. Wali Kota. 

Dalam kesempatan itu, Pj. Wali Kota juga mengingatkan berbagai tantangan generasi muda saat ini, seperti perkembangan teknologi, judi online, narkoba, hingga hilangnya gotong royong. Gerakan Pramuka, diharapkan Pj. Wali Kota menjadi solusi dengan membekali anggotanya keterampilan hidup dan kecerdasan SESOSIF (Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik). 

Lebih lanjut dikatakan Pj. Wali Kota, adaptasi terhadap perkembangan zaman juga menjadi salah satu fokus utama Gerakan Pramuka. Dikatakan Pj. Wali Kota, bahwa Pramuka berperan penting dalam ketahanan pangan melalui kerjasama dengan Food and Agriculture Organization (FAO), serta turut serta mengembangkan program kewirausahaan dan menyesuaikan kurikulum agar relevan dengan kebutuhan zaman. 

Diakhir sambutannya, Pj. Wali Kota menegaskan bahwa Gerakan Pramuka memiliki peran vital dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Dengan menekankan pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma, Gerakan Pramuka diharapkan mampu mencetak sumber daya manusia unggul yang berjiwa Pancasila dan siap menghadapi tantangan masa depan. 

“Kami percaya, dengan pendidikan yang ditanamkan Pramuka, Indonesia akan memiliki SDM yang unggul, yang akan menjadi pilar kekuatan negara menuju Indonesia Emas 2045," tutup Pj. Wali Kota Tebing Tinggi. 

Seusai upacara, dilakukan penyerahan kontingen Pramuka putra yang diwakili oleh Pj. Wali Kota Tebing Tinggi, sementara kontingen putri diserahkan oleh Plt. Sekda Kota Tebing Tinggi. Kegiatan ini menandakan komitmen Pemko Tebing Tinggi dalam mendukung Gerakan Pramuka sebagai pilar pembinaan generasi muda.

Turut hadir, Plt. Sekdako H. Kamlan Mursyid, SH, MM, Ketua DPRD Sementara Sakti Khadaffi Nasution, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Idham Khalid, SKM, M.Kes, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.STP, M.Si, Kadis Perindag Zahidin, S.Pd, M.Pd, Kadis Ketenagakerjaan Ir. Iboy Hutapea, Kadis Ketapang Dr. Marimbun Marpaung, SP, M.Si, Danramil 13/ TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, dan pengurus Kwartir Cabang Kota Tebing Tinggi.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK