Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

PENJABAT WALI KOTA TEBING TINGGI ANTUSIAS TINJAU PELAKSANAAN UAS

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Dr. Moettaqien Hasrimi, S.STP., M.Si., terlihat antusias dalam melakukan peninjauan pelaksanaan UAS (Ujian Akhir Semester) ke beberapa SMPN (Sekolah Menengah Pertama Negeri) yang ada di Kota Tebing Tinggi, Sabtu (08/06/2024),

Diawali dari SMPN 1 yang berlokasi di Jl. Dr. Sutomo, SMPN 4 di Jl. Mayjend. DI. Panjaitan, kemudian berlanjut ke SMPN 9 berada di Jl. Pusara Pejuang, SMPN 6 di Jln. Medan – Pematang Siantar dan berakhir di SMPN 5 yang berlokasi di Jln. Letda Sujono.

Tegur sapa dan salam hangat Pj. Wali Kota diberikan kepada kepala sekolah, guru, staf sekolah dan siswa-siswi. Tak kalah, sambutan hangat selamat datang ditujukan kepada Pj.  Wali Kota yang dikenal ramah dan murah senyum tersebut.

Disampaikan Pj. Wali Kota, bahwa kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat, memantau sekaligus meninjau pelaksanaan UAS SMP.
 
“Tadi kita sudah ke SMPN 1, 4, 6, 9 dan SMPN 5. Pada prinsipnya semua berjalan lancar, tidak ada hal menonjol dan sekarang ujian sudah digital dengan google form. Ini juga merupakan salah satu tolok ukur anak-anak kita melaksanakan digitalisasi, paperless. Hal tersebut merupakan satu langkah awal yang baik dan sudah 2 tahun ini kita laksanakan, 2022-2024” ujar Pj. Wali Kota.

Sehubungan hal itu, Pj. Wali Kota menyampaikan kepada Kadisdikbud dan kepada sekolah, terkhusus yang berada dibawah naungan Pemko Tebing Tinggi, untuk memfasilitasi apabila dalam pelaksanaan ujian, adanya kendala berupa siswa-siswi yang tidak memiliki HP/ gadget.

“Dan ada juga kita akui, adanya keterbatasan siswa-siswi, yang belum mempunyai HP, gadget. Tapi kita dari pihak sekolah, saya perintahkan bapak Kadisdikbud agar memfasilitasi, kita pinjamkan laptop agar semua merata,” pungkas Pj. Wali Kota.

Saat ditanyai tanggapan mengenai UAS dengan sistem digital, Pj Wali Kota Tebing Tinggi, Dr. Moetaqqien Hasrimi, S.STP, M.Si mengatakan bahwasanya UAS berbasis digital sudah cukup baik di Kota Tebing Tinggi. Namun, namanya programnya baru 2 tahun masih tetap perlu ada perbaikan.

“UAS sistem digital sudah sangat baik, begitu siap ujian nilai langsung terlihat, namun begitupun masih harus ada yang diperbaiki dan dikembangkan, baik fasilitasnya maupun SDM para guru,”ungkapnya.

Ujian Akhir Semester (UAS) ini diikuti sebanyak 5.313 siswa dari kelas 7 dan 8, yang telah berlangsung selama 6 hari, mulai hari Senin (03/06) yang lalu dan berakhir hari ini, Sabtu (08/06).

Seusai melakukan kunjungan peninjauan pelaksanaan UAS, Pj. Wali Kota juga menyempatkan diri melakukan kunjungan peninjauan pelayanan kesehatan di Puskesmas Teluk Karang, berlokasi Jl. Letda Sujono.

Untuk diketahui, berawal dari masa Covid 19 tahun 2020-2022 dimana dilakukan pembelajaran daring, dan sampai sekarang dilanjutkan dengan penyempurnaan-penyempurnaan yang lebih baik. 

Sesuai data guru (sumber dari Disdikbud Kota Tebing Tinggi), terdapat 22% guru kemampuan TIK baik dan 78% guru kemampuan TIK-nya rendah. Terkait dengan hal tersebut, maka dilakukan peningkatan kualitas kompetensi guru di bidang digital, seperti penerapan Google Classroom, Google Form, Google Meet dan Quizizz, serta Power Point dan materi pembelajaran disimpan dalam Google Drive, menggunakan slide dalam pembelajaran dan penggunaan smartphone oleh siswa dalam pembelajaran .

Selain itu, juga disediakan laptop untuk guru, chromebook sekolah, papan tulis elektrik dan yang tak kalah penting dalam mendukung pembelajaran berbasis digital tersebut adalah tersedianya jaringan internet di sekolah.

Dengan diberlakukannya Merdeka Belajar dan Kurikulum Merdeka, maka terjadi perubahan pembelajaran dari tradisional atau konvensional menjadi digital atau modern, dan hal-hal tersebut sangat sejalan dengan pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dimana guru maupun siswa sudah punya akun belajar.

Untuk Kota Tebing Tinggi, dari tahun 2022/2023 sampai saat ini telah dilaksanakan ujian memakai HP dan laptop sekolah yang digunakan oleh siswa yang belum memiliki HP.

Turut mendampingi Pj. Wali Kota, Kadisdikbud Idam Khalid Daulay, S.KM., M.Kes., Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.STP., M.Si., Camat Tebing Tinggi Kota Manda Yulian, S.STP., M.Si., Camat Padang Hulu Deni Handika Siregar, S.E., M.Si., Sekcam Bajenis Hadi Supeno, S.E.

Selanjutnya, Sekdis Dikbud H. Darajat, S.Pd., M.Pd., Kabid Komunikasi Diskominfo Iswan Suhendi, S.STP., Plt. Kabag Prokopim Faisal Ahmad, S.Ag. dan tim peliputan Diskominfo.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK