Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

PEMKO TEBING TINGGI GELAR UPACARA PERINGATAN HARKITNAS KE 116 TAHUN 2024

Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Badan Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) menggelar upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke 116 Tahun 2024 dengan tema "Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas", Senin (20/05/2024) bertempat di Lapangan Merdeka Jl. Dr. Sutomo.

Upacara diikuti oleh segenap jajaran ASN Pemko Tebing Tinggi, unsur Forkopimda, Purnawirawan, tokoh masyarakat,  Ormas, mahasiswa dan perwakilan siswa/i dari tingkat SMP dan SMA.

Dalam kesempatan itu, Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi M. Syah Irwan, S.KM., M.Kes. bertindak selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan resmi dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi. Sementara selaku Komandan Upacara adalah Danramil 13/ TT Kapt. Inf. Yudi Chandra.

Plh. Sekda Syah Irwan menyampaikan lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. 

"Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini", ucap Plh. Sekda. 

Lanjut Plh. Sekda, Peringatan Harkitnas ini bertujuan untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai dasar dalam melaksanakan pembangunan. Menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya Indonesia Emas dalam bingkai NKRI.

"Hari ini hingga dua dekade ke depan, kita dihadapkan pada realitas dimana pendidikan, kemajuan teknologi dan bonus demografi menjadi momen krusial untuk menentukan langkah yang tepat guna mewujudkan Indonesia Emas", lanjutnya.

Meneruskan sambutan Menkominfo RI, Plh. Sekda mengatakan perkembangan zaman yang mengharuskan manusia untuk cakap teknologi dan kemajuan teknologi menjadi tantangan sekaligus menjadi peluang baru.
 
"Kemajuan teknologi telah menjadi bagian dari peradaban kita. Inovasi inovasi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Sehingga di titik ini gambarannya semakin jelas, yakni jika kita menguasai teknologi maka kitalah yang menguasai peradaban dunia", terang Plh. Sekda. 

Tambah Plh. Sekda, kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa.

"Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”. Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas!", pungkasnya.

Dalam rangka menyemarakkan perayaan dan khidmatnya Hari Kebangkitan Nasional, upacara diisi dengan penampilan tari-tarian daerah dari binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tebing Tinggi.

Turut hadir Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, S.H., M.H., Wakil Ketua I H. Muhammad Azwar, S.Si., M.M., Kasie Intel Kejari Hiras A. Silaban, S.H., M.H. mewakili Kajari, Kasubag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana PN Tamrin Tarigan, Pasi Pers Kodim 0204/ DS Kapt. Inf. Romer Elpansus Sinaga, Kalapas Kelas II B Kota Tebing Tinggi Rudi Purba S.H, Danyon B Brimob TT diwakili Wadan Brimob AKP Abdul Holid, S.Sos. M.H., Kepala OPD, Camat, Lurah, Kabag, Kabid dan atau mewakili, veteran, tamu undangan dan tim peliputan Diskominfo.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK