Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

DEKRANASDA KOTA TEBING TINGGI PROMOSIKAN PRODUK KERAJINAN DI PAMERAN INACRAFT 2024

Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Tebing Tinggi, mengikuti Pameran INACRAFT On October yang secara resmi dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki, Rabu (2/10/2024), di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. 

Pembukaan INACRAFT On October yang merupakan pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara ini, ditandai dengan mewarnai batik oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki.

Ketua Dekranasda Kota Tebing Tinggi Ny. Dara Caprina Moettaqien Hasrimi disela-sela kegiatan mengatakan, Dekranasda Kota Tebing Tinggi sebagai suatu organisasi untuk melakukan pembinaan kepada para perajin di Kota Tebing Tinggi. 

Pada kesempatan ini Dekranasda Kota Tebing Tinggi ikut berpartisipasi pada Pameran INACRAFT On October 2024, mulai tanggal 2 s/d 6 Oktober 2024. Melalui pameran ini, Dekranasda Kota Tebing tinggi mempromosikan produk-produk kerajinan Kota Tebing Tinggi, sehingga dapat dikenal masyarakat yang bertaraf nasional dan internasional. 

"Para perajin juga diikutsertakan dalam kegiatan ini, dengan tujuan untuk dapat menjelaskan produk-produk kerajinan Kota Tebing Tinggi. Keikutsertaan para perajin juga bermanfaat untuk membuka wawasan terhadap keragaman produk-produk  kerajinan yang dihasilkan daerah lain," ujar Ny. Dara Caprina Moettaqien.

Ny. Dara Caprina Moettaqien berharap, Dekranasda Kota Tebing Tinggi akan terus berupaya agar produk kerajinan Kota Tebing Tinggi dapat dikenal luas dan mempunyai daya saing yang lebih baik, singkatnya.

Event tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 1999 ini, telah berlangsung selama 28 kali. Pameran yang diklaim sebagai pameran kerajinan yang terbesar di Asia Tenggara ini, menggunakan seluruh hall JCC Senayan dan berlangsung sejak tanggal 2 hingga 6 Oktober 2024.

Penyelenggara INACRAFT On October 2024 mengusung tema “Youthpreneurs, Make It at Market” dengan tagline “Totally Different”. Melalui pameran ini penyelenggara berupaya memfasilitasi generasi muda untuk ambil bagian dan menciptakan pasar serta mampu unggul tidak hanya didalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Dalam sambutannya, Menteri Teten Masduki berharap pameran INACRAFT on October harus menjadi wadah pelau usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mengembangkan inovasi. Menurutnya, pelaku usaha yang sekaligus jadi peserta pameran perlu berkolaborasi dalam memanfaatkan kekayaan budaya Nusantara sebagai keunggulan di pasar global.

“Bicara INACRAFT di dunia kita gak ada tandingannya. Percaya itu! Karena ini satu potensi ekonomi yang harus kita kembangkan ekosistem bisnisnya, sehingga kita betul-betul bisa menguasai pasar global,” kata Teten Masduki saat membuka acara INACRAFT on October di Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2024.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Handicraft Indonesia (Asephi) Muchsin Rijan mengapresiasi semua pihak yang telah membantu UMKM di Indonesia agar lebih maju, terutama di Asia Pasifik.

Muchsin berharap pameran ini tidak hanya jadi sekadar bertemunya pembeli dan penjual, tapi membangun suatu komunitas ekonomi kreatif sosial budaya yang akan mengembangkan ekonomi nasional kemudian.

"Ini harapan Asephi, jadi inacraft bukan sekadar jual beli B to C atau B to B, tapi merupakan komunitas yang akan dikembangkan terus, tentunya dibantu oleh semua pihak,” kata Muchsin dalam sambutannya.

Ia juga mengapresiasi generasi muda anggota Asephi yang berkontribusi di pameran INACRAFT on October 2024, terutama generasi muda yang datang dari seluruh daerah di Indonesia.

"Disini kaum muda menempati 25 persen dari seluruh hall yang ada. Mereka bukan hanya dari Jakarta, tapi dari daerah. Ini satu bukti bahwa kalau anak muda diberi kesempatan akan bangkit dan Asephi melalui INACRAFT memberi kesempatan kepada kaum muda untuk berbisnis dan yang sudah maju silahkan maju terus,” ujarnya.

Turut mendampingi Ketua Dekranasda Kota Tebing Tinggi, Ketua Dharma Wanita, Ny. Umi Kalsum Kamlan, Wakil Ketua Dekranasda, Ny. Novita Arny Dedi Parulian, Ketua Unit Dharma Wanita Dinas Pendidikan, Ny Afrina Ningsih Idham Khalid, Iboy Hutapea, pengrajin Haris Arianto, dan pengrajin Diana sartika Rangkuti.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK