Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

ASISTEN EKBANG SETDAKO TEBING TINGGI IKUTI RAKOR PENGENDALIAN INFLASI DAERAH SECARA VIRTUAL

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setdako Tebing Tinggi Gul Bakhri Siregar mewakili Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, Senin (17/07/2023), di ruang kerja Wali Kota gedung Balai Kota.

Dipimpin Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Ri Jend.pol.(purn.) Muhammad Tito Karnavian dan diikuti seluruh Kepala Daerah bersama tim satgas pangan daerah se-Indonesia di wilayah masing-masing.

Dalam rakor tersebut, Mendagri mengatakan evaluasi terkait pengendalian inflasi secara nasional. Dimana kenaikan terjadi disebagian besar wilayah Indonesia, terutama pada harga telur ayam ras dan daging ayam ras.

“Belum ada perubahan dari minggu sebelumnya, jumlah daerah yang mengalami kenaikan pada komoditas daging ayam ras dan telur ayam ras masih lebih banyak dari yang bisa mengendalikan,” kata Mendagri.

Lanjut ujar Mendagri, Bapak Presiden RI menyampaikan apresiasi hari Sabtu lalu tentang pengendalian inflasi menjadi 3,5 persen. 

Namun, Presiden menargetkan inflasi Indonesia di angka 3 persen. Oleh karena itu, Mendagri meminta setiap daerah atau stakeholder harus serius memantau jenis komoditas yang mengalami kenaikan harga barang dan jasa.

"Aktifkan Satgas Pangan yang dipimpin oleh sekda. Hal itulah yang dimaksudkan oleh Presiden, bahkan beliau sendiri selalu mengecek ke pasar-pasar setiap kali kunjungan, begitu juga seharusnya yang dilakukan oleh para kepala daerah," kata Mendagri.

Ditambahkan Mendagri, bahwa Menteri Keuangan RI akan memberikan Dana Insentif Daerah (DID) sebagai penghargaan/ reward kepada daerah-daerah yang berhasil mengendalikan inflasi.

"Sekarang sudah dalam masa penilaian lintas instansi dan nanti akan diumumkan pada waktunya untuk kemudian diundang ke Jakarta dan dibuat acara khusus. Semoga bisa memotivasi rekan-rekan para kepala daerah untuk mengendalikan inflasi di daerahnya," ungkap Mendagri.

Sebagai informasi, untuk data inflasi di Kota Tebing Tinggi, berdasarkan BPS Kota Tebing Tinggi, IHK (Indeks Harga Konsumen) Kota Tebing Tinggi mengikuti IHK Kota Pematang Siantar.

Yang mana pada bulan Juni 2023, tingkat inflasi Kota Pematang Siantar bulan ke bulan (m to m) sebesar 0,52 persen sementara inflasi tahun ke tahun (y to y) sebesar 3,10 persen.

Turut hadir secara virtual, Danramil 13/TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, Ipda. R. Saragih mewakili Kapolres, Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Zahidin, S.Pd., M.Pd., Kadis BPKPD Sri Imbang Jaya Putra, SP., M.SP., Kadis Sosial Drs. Khairil Anwar, M.Si., Kadis Nakerperin Ir. Iboy Hutapea, Kepala BPS Ir. Ida Suswati, M.Si., Kabag Perekonomian dan SDA Ir. Nasrullah serta Kabid Aptika Diskominfo M. Furqon Syahputra, S.STP., M.SP. , perwakilan instansi tekait dan tim peliputan Diskominfo.

Komentar
  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • ACAK