Corner left
Corner right

KANTOR LINGKUNGAN HIDUP


25-07-2013

A.

GAMBARAN UMUM ORGANISASI

 

Kantor Lingkungan Hidup merupakan salah satu Kantor Perangkat Otonomi Daerah yang mempunyai tugas pokok dan fungsi. Kantor Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi mempunyai tugas melaksanakan kewenangan Otonomi Daerah dibidang lingkungan hidup yaitu :

 

1.

Melaksanakan perumusan kebijakan teknis dibidang lingkungan hidup,

 

2.

Memberikan izin di bidang lingkungan hidup,

 

3.

Pembinaan/pengawasan terhadap pelaku usaha yang berhubungan langsung dengan lingkungan,

 

 

4.

Pelaksanaan/pengelolaan ketatausahaan dinas.

 

Fungsi Kantor Lingkungan Hidup adalah sesuai dengan standar norma dan kreteria yang ditetapkan oleh Menteri Lingkungan Hidup serta pelaksanaan pemerintahan umum kebijaksanaan kepala daerah dalam hal ini Walikota Tebing Tinggi.

 

B.

STRUKTUR ORGANISASI KANTOR LINGKUNGAN HIDUP

 

Instansi pemerintah mempunyai tujuan bersama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, struktur organisasi memperlihatkan adanya koordinasi usaha diantara semua unit dan bagian antara tugas dan tanggung jawab dari atas ke bawah dan untuk mengambil tindakan-tindakan yang dapat mencapai suatu tujuan umum.

 

C.

RENCANA STRATETIK ORGANISASI

 

Visi Kantor Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi adalah terwujudnya pembangunan yang berwawasan lingkungan menuju Kota Tebing Tinggi sebagai kota jasa. Sedangkan misi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, meningkatkan prasarana dan sarana lingkungan hidup serta meminimalkan tingkat pencemaran, meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait dan stakeholder, terhadap perencanaan pembangunan yang berkelanjutan, pengembangan data dan informasi.

Undang-undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. merupakan upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan dan penegakan hukum. Undang-undang No. 32 tahun 2009 juga menjabarkan prinsip-prinsip dasar tujuan pemerintah dalam pengelolaan lingkungan hidup dan mengidentifikasi tentang hak serta kewajiban pemerintah dan masyarakat. Dokumen perencanaan pembangunan daerah yang harus disusun oleh Kantor Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi adalah sebagai berikut :

 

1.

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), yang memiliki jangka waktu perencanaan selama 20 Tahun dan ditetapkan dengan Perda.

 

 

2.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang memiliki jangka waktu perencanaan selama 5 Tahun dan ditetapkan dengan Perda.

 

 

3.

Perencanaan Pembangunan Tahunan Daerah atau Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang memiliki jangka waktu perencanaan 1 Tahun dan ditetapkan dengan peraturan Walikota.

 

 

Berkaitan dengan dokumen perencanaan pembangunan daerah tersebut diatas, disusun dokumen perencanaan sebagai berikut :

 

1.

Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra – SKPD) yang memiliki jangka waktu perencanaan 5 Tahun sebagai penjabaran dari RPJMD.

 

 

2.

Rencana Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja – SKPD) yang memiliki jangka waktu perencanaan 1 Tahun sebagai penjabaran dari Renstra – SKPD dan RKPD.

 

 

 

Untuk Selengkapnya Klik Menu DOWNLOAD LPPD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


>>>>