• Total Pengunjung: 620908
  • Minggu, 17 Desember 2017
  • Kantor Pusat Tebing Tinggi
  • Kolam Renang Tebing Tinggi
  • Team Pemko Tinggi
  • Layanan Jalin KPU/USO Tebing Tinggi

PENGENTASAN KEMISKINAN DI KOTA TEBING TINGGI

Tanggal: 04-02-2014

Kategori: CHANNELING


PENGENTASAN KEMISKINAN DI KOTA TEBING TINGGI

Kemiskinan sebagai deprivasi sumber-sumber pemenuhan kebutuhan dasar adalah permasalahan yang sulit untuk dipecahkan, karena sangat berkaitan dengan berbagai dimensi dan struktur dalam masyarakat. Ditengah-tengah sulitnya permasalahan penanggulangan kemiskinan, Pemerintah Kota Tebing Tinggi menjadikan hal tersebut sebagai target utama dalam masa pemerintahan lima tahunan yang tertuang dalam visi nya yakni Mewujudkan Masyarakat Kota Tebing Tinggi Yang BerIman, BerTaqwa, Maju, Sejahtera, Mandiri, Berkeadilan dalam Kebhinekaan.

Implementasi dari keseriusan tersebut, tercermin dalam program dan kegiatan yang secara sporadis dilakukan Pemerintah Kota Tebing Tinggi melalui anggaran yang tertampung di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah yang lebih difungsikan sebagai Satuan Kerja Pelayan Masyarakat seperti : Pemberian bantuan Rumah ALADIN (Atap Lantai dan Dinding), Bantuan Modal bagi UMKM, berbagai pelatihan peningkatan keterampilan masyarakat, Jaminan Kesehatan Daerah serta berbagai kegiatan disektor Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, Ketahanan Pangan dan lain sebagainya.

Berdasarkan data PPLS (Pendataan Program Perlindungan Sosial) 2011 jumlah penduduk miskin Kota Tebing Tinggi sebanyak 38.339 (tiga puluh delapan ribu tiga ratus tiga puluh Sembilan) jiwa, dimana laju pengurangan kemiskinan di Kota Tebing Tinggi mulai tahun 2009 sampai tahun 2011 mencapai rata-rata 1,07% sehingga persentase penduduk miskin berdasarkan data terakhir tahun 2011 sebanyak 12,44 % masih terbuka peluang pada tahun 2014 mencapai target Nasional persentase masyarakat miskin di Kota Tebing Tinggi menjadi 10 % atau sebanyak 3.834 jiwa. Hal ini akan terwujud jika penanggulangan kemiskinan berjalan secara sinergi antara Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha.

Tantangan inilah yang dijadikan Peluang oleh Pemerintah Kota Tebing Tinggi dalam upaya percepatan pengurangan jumlah penduduk miskin, setelah dalam 2 (dua) tahun terakhir berhasil menyatukan gerak langkah SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kota Tebing Tinggi dalam penanggulangan kemiskinan saat ini dipandang perlu mengoptimalkan peran Masyarakat dan Dunia Usaha.

Upaya pengoptimalan Peran Masyarakat dan Dunia Usaha bersinergi bersama Pemerintah Kota Tebing Tinggi dalam Penanggulangan Kemiskinan, salah satunya dengan meluncurkan Program GeMit (Gerakan Mitra) Penanggulangan Kemiskinan di Kota Tebing Tinggi.

Program ini akan menjembatani antara Masyarakat Miskin dengan Dunia Usaha maupun para dermawan sehingga mampu memberikan pedoman dan kepastian ketepatan sasaran dalam membantu masyarakat miskin.

Hal ini juga sejalan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas yang dikenal dengan CSR (Corporate Social Responsibility).

Insya Allah dengan Program GeMit pencapaian target masyarakat miskin 8-10% di Kota Tebing Tinggi tercapai pada tahun 2014 dan hal ini akan memberikan efek domino peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kota Tebing Tinggi sehingga menjadi aura positif bagi dunia usaha.




::12-12-2017

Pameran Kreasi Daur Ulang Sampah

Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan, M ...Selengkapnya »

::24-10-2017

DPRD Setujui P.APBD 2017 Kota Tebing Tinggi

APBD-P Tahun Anggaran 2017 Kota Tebing Tinggi disetujui DP ...Selengkapnya »

::21-10-2017

Walikota Tebing Tinggi Pimpin Inkanas Pengda SUMUT Periode 2017-2021

Ketua Umum PB Inkanas Indonesia, Jendral Purn Dr ...Selengkapnya »

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA TEBING TINGGI. All Right Reserved 2013
Jl. T. Imam Bonjol No. 1A
Tebing Tinggi 20623
Telepon (0621) 21272, Fax (0621) 21273
email     : diskominfo@tebingtinggikota.go.id
website: www.tebingtinggikota.go.id

Follow Us: