• Total Pengunjung: 620915
  • Minggu, 17 Desember 2017
  • Kantor Pusat Tebing Tinggi
  • Kolam Renang Tebing Tinggi
  • Team Pemko Tinggi
  • Layanan Jalin KPU/USO Tebing Tinggi

Kunjungan Komisioner KPK Di Kota Tebing Tinggi

Kategori: Hukum

Tanggal: 24-03-2017

Kunjungan Komisioner KPK Di Kota Tebing Tinggi
Kunjungan Komisioner KPK Di Kota Tebing Tinggi

Komisioner Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Saut Situmorang berkunjung ke Kota Tebing Tinggi, pada hari Kamis (23/03/2017) dan diterima Pj. Walikota bersama Kapolres, Kajari, Wakil Ketua DPRD beserta jajaran kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi bertempat di Gedung Hj Sawiyah.

Pj. Walikota Tebing Tinggi H Zulkarnain, SH, M.Si mengatakan, kunjungan tersebut merupakan suatu kehormatan bagi masyarakat Tebing Tinggi untuk menyampaikan tentang anti korupsi dan meminimalisir terjadinya tindak pidana korupsi. Dalam kesempatan tersebut Pj.Walikota menyampaikan bahwa kota Tebing Tinggi telah membentuk Satgas Saber Pungli dan hasil audit BPKP sudah dua tahun Tebing Tinggi masuk WTP dan berharap dengan pemaparan anggota KPK RI bisa memberikan rambu-rambu dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.

Komisioner Anggota KPK Saut Situmorang pada kesempatan itu mengatakan, untuk meminimalisir tindak pidana korupsi, KPK melakukan pendidikan kepada anak-anak didik tentang anti korupsi.

"Tujuan hidup kita adalah untuk memenangkan persaingan hidup, KPK tugasnya tidak hanya untuk menangkapi orang, tetapi melakukan sosialisasi dan koordinasi, supervisi, untuk menjadikan pemerintahan yang baik, pencegahan korupsi, monitoring dan mencari bukti untuk melakukan penangkapan. Hukum tidak boleh dibangun oleh rasa benci," terangnya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa criminal justice sistem masih bermasalah, pemerintah daerah masih belum mampu meraih WTP murni yang lengkap dan tanpa ada masalah. 

"Kami akan datang untuk merubah dan meningkatkan daya saing. Tidak ada jaminan ke depan presiden bisa lebih baik, Tak ada jaminan ke depan Indonesia lebih baik. Kita-kita yang mempunyai ide tapi takut terganjal, maka KPK siap mendampingi," sebutnya.

KPK datang akan bekerja sama dengan pemerintah daerah, di mana SKPD bisa menyampaikan programnya dari sekecil-ecil, inspektorat harus bisa mengkritik pemerintah setempat. 

"Ada 7.000 surat laporan masuk ke KPK RI, tapi kita tidak bisa serta merta menindaknya semua, karena belum mungkin semuanya bersalah, harus ada penyelidikan dan pembuktian, jangan kita menindaknya dengan marah, emosi dan iri melihat orang," katanya.

Dikatakannya, KPK mengajak semua orang untuk berubah ke arah yang lebih baik, khususnya untuk pejabat negara baik Legislatif, Yudikatif dan Eksekutif harus duduk bersama untuk membahas apa yang menjadi program pembangunan ke depan. "KPK juga menyiapkan undang-undang untuk melakukan pemeriksaan terhadap orang kaya yang tidak jelas asal usul hartanya," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Saut Situmorang juga melakukan dialog serta tanya jawab seputar usulan-usulan dalam musrenbang serta bagaimana sistem bisa terintegrasi dengan Provinsi Sumut yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Kota Tebing Tinggi.

Sedangkan Sekdako H.Johan Samose Harahap, SH, MSP menyampaikan, terjadinya korupsi dalam pelaksanaan tender pengadaan barang dan jasa karena adanya kesempatan, di mana pemenang adalah rekanan yang memberikan penawaran terendah. "Kita berharap keuntungan pihak rekanan (pemborong) sudah disediakan jasanya seperti di negara-negara maju seperti Singapura," terangnya.


::12-12-2017

Pameran Kreasi Daur Ulang Sampah

Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan, M ...Selengkapnya »

::24-10-2017

DPRD Setujui P.APBD 2017 Kota Tebing Tinggi

APBD-P Tahun Anggaran 2017 Kota Tebing Tinggi disetujui DP ...Selengkapnya »

::21-10-2017

Walikota Tebing Tinggi Pimpin Inkanas Pengda SUMUT Periode 2017-2021

Ketua Umum PB Inkanas Indonesia, Jendral Purn Dr ...Selengkapnya »

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA TEBING TINGGI. All Right Reserved 2013
Jl. T. Imam Bonjol No. 1A
Tebing Tinggi 20623
Telepon (0621) 21272, Fax (0621) 21273
email     : diskominfo@tebingtinggikota.go.id
website: www.tebingtinggikota.go.id

Follow Us: