• Total Pengunjung: 609722
  • Kamis, 23 November 2017
  • Kantor Pusat Tebing Tinggi
  • Kolam Renang Tebing Tinggi
  • Team Pemko Tinggi
  • Layanan Jalin KPU/USO Tebing Tinggi

Pemberdayaan KIM Kota Tebing Tinggi

Pemko Tebing Tinggi, 13-09-2017
"Memberdayakan KIM Anti Hoax" adalah tema yang ditampilkan dalam acara kegiatan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kab/Kota Tahun 2017, yang di selenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara, Rabu (13/9/2017) bertempat di Gedung Balai Kartini Kota Tebing Tinggi.

Wakil Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Oki Doni Siregar menghadiri sekaligus membuka acara Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat tersebut yang disaksikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara H.Mhd Fitriyus, SH, MSP dan Plt.Kadis Komifo Kota Tebing Tinggi Ernawati Lubis, SPd, M.Kes dan seluruh undangan yang hadir terdiri dari Perwakilan KIM atapun Kelompok Masyarakat dari tiap-tiap kecamatan se-Kota Tebing Tinggi.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota mengutarakan harapannya agar Dinas Komunikasi dan Informasi segera memfasilitasi masyarakat untuk membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), dengan melihat dinamika perkembangan masyarakat kini menuntut pemerintahan untuk selalu dinamis dan berinovasi dalam menjalankan fungsi kepemerintahannya.

"Salah satu tuntutan dan kewajiban Pemerintah khususnya pemerintah Kota Tebing Tinggi saat ini adalah menjamin dan meningkatkan kualitas sistem demokrasi, karena pilar demokrasi terpenting saat ini adalah membentuk pola Good Governance yang melibatkan peran aktif masyarakat."ujar beliau

Lebih lanjut beliau menyampaikan, sejak bergulirnya sistem otonomi daerah dan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, Pemerintah Daerah juga mengemban tugas untuk mengelola sistem Informasi Daerah, karena hal ini penting dalam mendukung pembangunan di Daerah khususnya Kota Tebing Tinggi yang salah satunya meningkatkan pemberdayaan kelompok informasi masyarakat. Melihat peluang tersebut Kota Tebing Tinggi sangat-sangat  memerlukan adanya pemberdayaan masyarakat dengan  mengembangkan paradigma komunikasi dengan masyrakat (Communication With The People). 

KIM adalah suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya, yang kemudian diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia."terang beliau Wakil Walikota juga atas nama Pemerintah Kota Tebing Tinggi mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumut dan Kepala Dinas Kominfo Provsu yang telah menunjuk Kota Tebing Tinggi menjadi tempat sosialisai pemberdayaan KIM ini.

Selanjutnya Mhd. Fitriyus, SH, MSP Kadis Kominfo Provinsi Sumatera Utara selaku nara sumber menjelaskan yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini adalah agar terciptanya pengembangan pemberdayaan KIM secara terus menerus dalam pengembangan SDM, terciptanya koordinasi, integrasi dan sinkronisasi secara terpadu serta berkesinambungan.

"Terciptanya peranan KIM sebagai wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal penyampai informasi dan penyalur aspirasi rakyat."

Narasumber dari Telkom Indonesia Area Medan Bpk. Robert SM Sianturi, ST memaparkan materi Peranan dan Posisi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam konsep Smart City dan strategi menghadapi penyebaran berita hoax. Sedangkan Plt. Kadis Kominfo Kota Tebing Tinggi Ernawati Lubis menyampaikan materi tentang aturan dalam pembentukan KIM dan rencana pengembangan KIM di tiap kelurahan yang sudah masuk dalam rencana kerja Diskominfo Tebing Tinggi di tahun 2018.

Kegiatan ini juga diisi dengan acara penandatanganan sinergi gerakan anti HOAX oleh KIM Kota Tebing Tinggi  dan Dinas Kominfo Provsu yang  disaksikan Wakil Walikota Tebing Tinggi, Kadis Kominfo Provsu serta pejabat terkait.


(Diskominfo Tebing Tinggi) - (Hotler S)

::24-10-2017

DPRD Setujui P.APBD 2017 Kota Tebing Tinggi

APBD-P Tahun Anggaran 2017 Kota Tebing Tinggi disetujui DP ...Selengkapnya »

::21-10-2017

Walikota Tebing Tinggi Pimpin Inkanas Pengda SUMUT Periode 2017-2021

Ketua Umum PB Inkanas Indonesia, Jendral Purn Dr ...Selengkapnya »

::20-10-2017

Walikota Terima Tim Tour Sabang - Jakarta

Tim Kosindo de tour Sabang - Jakarta 3000 K Indo ...Selengkapnya »

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA TEBING TINGGI. All Right Reserved 2013
Jl. T. Imam Bonjol No. 1A
Tebing Tinggi 20623
Telepon (0621) 21272, Fax (0621) 21273
email     : diskominfo@tebingtinggikota.go.id
website: www.tebingtinggikota.go.id

Follow Us: