Home - Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Selamat Datang

di Website Resmi Pemerintah Kota Tebing Tinggi

Bappeda Tebing Tinggi : Road Map 4.0 Tebing Tinggi 2017-2022

H. Kamlan Mursyid mewakili Walikota memimpin rapat koordinasi Road Map 4.0 Kota Tebing Tinggi, Selasa (17/09/2019) di Aula Bappeda yang dihadiri Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan, BPS Kota Tebing Tinggi dan pegawai Bappeda.

Kota Tebing Tinggi perlu mempersiapkan diri didalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang telah digaungkan Pemerintah Pusat, untuk itu diperlukan sinergitas seluruh pemangku kepentingan yang ada supaya bisa mengambil keuntungan akan hal tersebut dan bukan menjadi korban. Kita harus mempersiapkan dunia usaha maupun UMKM yang ada supaya lebih siap, dan tidak lupa juga mempersiapkan SDM ataupun angkatan kerja kita dengan cara meningkatkan skill maupun keterampilan yang di miliki.

Kepala Bappeda Erwin Damanik didalam pengantarnya menyampaikan bahwa sedang dibuat kajian tentang Road Map 4.0 Tebing Tinggi, yang jangka waktunya diperinci pada waktu kepemimpinan periode ke-2 Walikota Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM dan Wakil Walikota Ir. H. Oki Doni Siregar (2017 - 2022), ini sekaligus tindak lanjut dari program nasional yang digagas Presiden Joko Widodo yakni Revolusi Industri 4.0.

Secara garis beras Road Map 4.0 Kota Tebing Tinggi dibagi kedalam 3 sektor, yakni Sektor Pemerintahan (Pemerintah Daerah dan Aparatur), Sektor Ekonomi Sosial Budaya (SDM dan Pendidikan, UMKM, Investasi, Kesehatan dan Sanitasi), Sektor Infrastruktur (Tata Ruang Wilayah, Inovasi dan Teknologi).

Pemerintah Kota Tebing Tinggi berkomitmen membangun industri jasa dan perdagangan yang berkelanjutan yang meliputi Pelayanan Jasa, Perdagangan, Smart City (Kota Cerdas), Kota Mandiri, Layak Huni, Sejahtera, Beriman dan Berkualitas sesuai dengan Visi Misi Kota Tebing Tinggi.

Iboy Hutapea selaku Kadis Industri dan Ketenagakerjaan menjelaskan bahwa kita jangan hanya berorientasi tentang penggunaan komputerisasi didalam membuat suatu produk, akan tetapi masih diperlukan juga pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan secara manual, dan disinilah kita perlu menyiapkan SDM yang mumpuni.

Arah Road Map 4.0 Kota Tebing Tinggi di bidang industri atapun ketenagakerjaan setidaknya ada 3 hal: 1. Kota Tebing Tinggi perlu mempersiapkan angkatan kerja yang mempunyai keahlian/skill, 2. Menciptakan usaha-usaha yang padat karya dan padat modal, 3. Merevitalisasi BLK-BLK yang ada, baik sarana prasarana maupun SDM yang ada didalamnya.

Dedi Parulian Siagian selaku Kadis Kominfo Kota Tebing Tinggi mengatakan Dinas Kominfo sebenarnya telah memulai langkah-langkah menjadikan Tebing Tinggi menjadikan Kota Smart (Smart City), dan ini adalah salah satu hal yang mendukung didalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Dunia usaha yang ada akan digitalisasikan (UMKM, Apotik, Angkutan Lokal atau Betor), hal ini dilakukan dengan menggandeng dunia usaha yang tertarik berinvestasi di Kota Tebing Tinggi. Dari sisi infrastruktur (FO) sudah tersedia antar instansi di lingkungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi, selanjutnya akan dikembangkan sampai menjangkau 100% wilayah Kota Tebing Tinggi dan ini perlu dukungan semua pihak.

Kepala BPS Kota Tebing Tinggi, Marlise Simamora menjelaskan pemamfaatan teknologi informasi bisa mengurangi Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), kita semua perlu mengantisipasi dampak Revolusi Industri 4.0,tapi kita juga memperoleh keuntungan dari hal tersebut dengan cara memunculkan usaha-usaha yang memamfaatkan kemajuan teknologi informasi dan menyiapkan tenaga-tenaga terampil. 

Komentar